Menjaga Diri dari Petir, Tips Aman Beraktivitas Saat Hujan Lebat

Menjaga Diri dari Petir, Tips Aman Beraktivitas Saat Hujan Lebat

Petir merupakan aliran listrik yang kuat dan berbahaya yang terjadi di atmosfer. --pixabay

MEMORANDUM - Hujan lebat sering kali diiringi dengan petir, yang dapat membahayakan keselamatan. petir merupakan aliran listrik yang kuat dan berbahaya yang terjadi di atmosfer.

Sambaran petir dapat menyebabkan luka bakar serius, bahkan kematian.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga diri dari petir saat beraktivitas di luar ruangan saat hujan lebat. Berikut beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan:

Sebelum Hujan:

1. Pantau Prakiraan Cuaca: Selalu perhatikan prakiraan cuaca sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika ada peringatan dini hujan lebat disertai petir, pertimbangkan untuk menunda atau membatalkan kegiatan.

2. Kenakan Pakaian yang Tepat: Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari logam, seperti perhiasan, ikat pinggang, dan kancing logam. Pakaian basah juga lebih mudah menghantarkan listrik, jadi gantilah pakaian yang basah dengan pakaian kering.

3. Cari Tempat Berlindung: Jika Anda berada di luar ruangan saat hujan lebat disertai petir, cari tempat Berlindung yang aman. Tempat Berlindung yang ideal adalah bangunan permanen dengan dinding beton dan atap logam. Hindari Berlindung di bawah pohon, gubuk, atau tenda.

BACA JUGA:Petir Politik

BACA JUGA:Waspada! Hujan Sedang-Lebat disertai Petir dan Angin Kencang Mulai Landa Wilayah Jatim

Saat Hujan:

1. Jauhi Benda Tinggi: Hindari beraktivitas di dekat benda tinggi, seperti pohon, tiang listrik, dan menara. Petir cenderung menyambar benda tinggi.

2. Menjauh dari Air: Hindari berenang, memancing, atau bermain air di kolam, danau, atau sungai saat hujan lebat disertai petir. Air merupakan konduktor listrik yang baik, sehingga berisiko tersambar petir.

3. Matikan Peralatan Elektronik: Matikan peralatan elektronik yang terhubung dengan kabel listrik, seperti televisi, komputer, dan radio. Petir dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik.

4. Jaga Jarak dengan Orang Lain: Jauhkan diri Anda dari orang lain minimal 5 meter. Hal ini untuk menghindari sambaran petir yang menjalar.


Jika Terjebak di Luar Ruangan:

1. Mencari Tempat Rendah: Jika Anda terjebak di lapangan terbuka, carilah tempat yang lebih rendah. Jongkoklah dengan kedua kaki rapat dan tutupi telinga dengan tangan.

2. Hindari Posisi Berbaring: Jangan berbaring di tanah saat hujan lebat disertai petir. Posisi ini membuat Anda lebih mudah tersambar petir.

3. Menjauh dari Kendaraan: Jika Anda berada di dalam kendaraan, jangan keluar. Kendaraan logam dapat melindungi Anda dari sambaran petir.

BACA JUGA:Tragis! Bapak-Anak di Pasuruan Tewas Disambar Petir saat Panen Padi

BACA JUGA:Tersambar Petir saat Berteduh di Gubuk, 1 Tewas dan 3 Dirawat di RS

Tips Aman Lainnya:

1. Hindari Berkendara: Jika memungkinkan, hindari mengendarai kendaraan saat hujan lebat disertai petir. Petir dapat menyambar kendaraan dan menyebabkan kecelakaan.

2. Jangan Bermain Ponsel: Hindari menggunakan ponsel saat hujan lebat disertai petir. Petir dapat menjalar melalui sinyal ponsel.

3. Segera Cari Pertolongan Medis: Jika Anda tersambar petir, segera cari pertolongan medis. Luka bakar akibat sambaran petir mungkin tidak terlihat jelas, tetapi bisa berbahaya. (mg9)

Sumber: