Keluarga Pasien Keluhkan Pelayanan RSUD Ngimbang Lamongan

Keluarga Pasien Keluhkan Pelayanan RSUD Ngimbang Lamongan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang di Jalan Babat - Jombang Nomor 227, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Sejumlah keluarga pasien trauma serta mengeluhkan manajemen pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang, LAMONGAN. Hal ini dikatakan oleh salah satu keluarga pasien berinisial ES saat mengantar berobat di poli anak.

Dikatakan bahwa ia antre mulai pukul 07.00 WIB hingga Pukul 15.00 WIB belum juga ditangani karena menunggu dokter spesialis anak yang piket hari itu. Beberapa kali ditanyakan ke perawat jaga, jawabnya harus menunggu, dokter masih dalam perjalanan.

Dari beberapa pasien, dia sebut ada yang emergency perlu penanganan secepatnya termasuk anaknya. "Kalau lama apa tidak membahayakan jiwanya, tanya dia, dengan nada kecewa dan pasrah ia tetap menunggu kedatangan dokter spesialis anak," tutur dia.

Hal senada juga dikatakan oleh DA, keluarga pasien yang lain yang pernah berobat di RSUD Ngimbang, dari hasil tindakan diagnosa terhadap penyakit ale-ale rencananya mau dioperasi.

BACA JUGA:RSUD Ngimbang Dibuatkan Masterplan

Lanjutnya, dari hasil musyawarah keluarga akhirnya menolak kemudian minta rujukan ke RSUD dr. Soegiri Lamongan ternyata penyakitnya tidak separah dari hasil diagnosa di RSUD Ngimbang dan tidak jadi dilakukan operasi oleh RSUD dr. Soegiri Lamongan dari hasil diagnosanya. "Sampai saat ini kami trauma kalau berobat di RSUD Ngimbang," terangnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Ngimbang, dr. Abdullah Wasi'an dikonfirmasi terkait hal tersebut menyampaikan, agar mendapatkan informasi yang akurat atau lengkap langsung ke pihak humas. "Langsung ke Humas saja agar dapat info yang lengkap," ujarnya, Jum'at 15 Maret 2024.

Sedangkan, pihak Humas RSUD Ngimbang, Erma Laila Faizatul Fitriyah, S.Gz dimintai keterangan mengaku akan melakukan konfirmasi ke bagian yang membidangi. "Baik. Saya konfirmasi ke yang membidangi terkait tanggapannya," kata Erma yang juga menjabat Kasubbag Program RSUD Ngimbang ini singkat.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun oleh memorandum.disway.id., bahwa RSUD Ngimbang merupakan salah satu Rumah Sakit Umum Daerah di Lamongan, Jawa Timur, dengan memiliki Motto "CEPAT TERASA" (Cepat, Tepat, Akurat, dan Bersahabat).

Tujuan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang di Lamongan, diantaranya "Meningkatkan peran RSUD Ngimbang dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat Lamongan."

"Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas. Meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) dan sarpras (sarana dan prasarana) di RSUD Ngimbang."

Sementara itu dari cacatan data yang ada, pengaduan masyarakat (dumas) soal pelayanan, laporan evaluasi dan tindaklanjut uraian pengaduan RSUD Ngimbang Lamongan dalam kurun waktu tahun 2021 saat dijabat oleh Direktur RSUD Ngimbang sebelumnya.

Pada tanggal 15 Januari 2021, Nama / Ruangan (No. Name), uraian pengaduan RSnya kotor, apa tidak punya OB ya. Tidaklanjut RSUD Ngimbang, Dilakukan penambahan tenaga (CPNS sebagai Kepala Instalasi yang membawahi OB), Pengaturan Shift diperbaiki, Ceklist monitoring kebersihan ditingkatkan.

Pada tanggal 29 Januari 2021, Nama / Ruangan Raditya, uraian pengaduan Ruangan kurang bersih, saran saya lebih ditingkatkan kebersihan kalau bisa ada. Tidaklanjut RSUD Ngimbang, Ditingkatkan untuk monitoring terkait kebersihan, Penunjukan koordinasi OB untuk pengawasan lebih baik.

Pada tanggal 12 Februari 2021, Nama / Ruangan (No. Name), uraian pengaduan Perawatnya kalau bicara kurang sopan terhadap orang yang lebih tua. Tidaklanjut RSUD Ngimbang Resosialisasi pelayanan prima, Peningkatan budaya "andai pasien adalah saya".

Pada tanggal 26 Februari 2021, Nama / Ruangan (No. Name) Setyo S., uraian pengaduan Untuk Pelayanan Memuaskan. Mohon untuk Menambah sitem pembayaran NON TUNAI/CASHLESS lebih dari satu bank. Karena tidak semua orang membawa uang tunai dalam jumlah besar. Terimakasih.

Tidaklanjut RSUD Ngimbang Tersedia ATM di lingkungan RS, Pembayaran melalui EDC dan QRIS telah tersedia, Terdapat Inovasi Layanan RITA (Rincian Tagihan) yang memudahkan pasien / keluarga untuk melihat rincian tagihan sebelum melakukan pembayaran di kasir.

Pada tanggal 2 April 2021, Nama / Ruangan Poli THT, uraian pengaduan Sudah bagus perawatan dan penanganan tapi kok agak kasar ya petugas petugasnya (tenaga medisnya). Tidaklanjut RSUD Ngimbang Akan segera di lakukan evaluasi kinerja pegawai dan sosialisasi disetiap unit ataupun ruangan.

Pada tanggal 28 Mei 2021, uraian pengaduan Kepada perawat yang bertugas di RSUD Ngimbang terutama diruang anggrek 3C saya sebagai keluarga pasien sangat kecewa atau tidak puas atas pelayanan yang diberikan, mohon lebih dijaga etitudnya pada saat jaga (malam) terhadap orang-orang sekitarnya. Agar tidak mengganggu kenyamanan saat pasien istirahat.

Lebih-lebih ditingkatkan lagi kualitas pelayanannya dan etitud. Kami sangat tidak puas. Tidaklanjut RSUD Ngimbang Resosialisasi pelayanan prima, Peningkatan budaya "andai pasien adalah saya".

Pada tanggal 4 Juni 2021, Nama / Ruangan Sukayawati Flamboyan 02, uraian pengaduan Pelayanannya cukup baik dan memuaskan. Tidaklanjut RSUD Ngimbang, tidak ada tindaklanjut karena sudah sesuai dan cukup baik.

Pada tanggal 11 Juni 2021, Nama / Ruangan Naila, uraian pengaduan sangatlah baik layanannya dan sangat responsif. Tidaklanjut RSUD Ngimbang, Sesuai dengan Moto RSUD Ngimbang yaitu "CEPAT TERASA", RSUD Ngimbang berusaha memberikan layanan yang Cepat Tepat Akurat dan Bersahabat.

Pada tanggal 18 Juni 2021, Nama / Ruangan Nur Jadilah, uraian pengaduan Saya berkomentar masalah kepedulian satpam dengan pihak keluarga yang kurang ramah, satpam dalam memberikan informasi dengan nada tinggi, padahal yang diberi informasi perempuan.

Tidaklanjut RSUD Ngimbang, Resosialisasi pelayanan prima, Peningkatan budaya "andai pasien adalah saya". Hal ini laporan evaluasi dan tindaklanjut uraian pengaduan RSUD Ngimbang Lamongan dalam rentang waktu tanggal / bulan Januari tahun 2021 hingga Juli tahun 2021 silam, sementara yang tidak ada Tidaklanjut laporan pengaduan berarti NIHIL uraian pengaduan dan sudah terevaluasi tahun - tahun berikutnya oleh pihak RSUD Ngimbang.(pul)

Sumber: