Selama Malam Ramadan Satpol PP Surabaya Patroli Sasar RHU

Selama Malam Ramadan Satpol PP Surabaya Patroli Sasar RHU

Personel Satpol PP Kota Surabaya.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Satpol PP Kota Surabaya meningkatkan patroli malam selama bulan Ramadan untuk menjaga kondusifitas, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat. patroli rutin dilakukan setelah salat tarawih dan menyasar lokasi-lokasi rumah hiburan umum (RHU), ruang terbuka, dan fasilitas umum.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, M Fikser, mengatakan bahwa patroli ini tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tentang pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan tahun 2024.

“Tadi malam patroli keliling untuk mengecek RHU sudah kami lakukan. Hasilnya belum ada (pelanggaran). Jadi tidak ada yang berbeda, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, " kata Fikser diwawancara Memorandum, Selasa 12 Maret 2024.

SE tersebut mengatur tentang tata tertib jam buka tempat RHU selama bulan Ramadan. Di mana semua RHU seperti diskotek, kelab malam, karaoke, spa, dan pub harus ditutup selama Ramadan.

BACA JUGA:Satpol PP Garuk 10 PSK Tretes

Fikser menyampaikan bahwa masyarakat dapat melaporkan aktivitas yang menyalahi aturan SE melalui aplikasi Warga Ku. 

"Kami juga membuka layanan pengaduan melalui aplikasi Warga Ku untuk masyarakat, layanan ini bisa digunakan ketika masyarakat mengetahui ada aktivitas yang menyalahi aturan surat edaran (SE) wali kota,” ungkapnya. 

Fikser menjelaskan, dasar dari patroli tersebut bukan hanya inisiatif dari pemkot dan jajaran TNI/Polri saja. Akan tetapi juga berdasarkan dari laporan masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti bersama. Titik-titik rawan akan disisir mulai dari selesai salat tarawih sampai pukul dua dini hari.

“Kita juga sudah punya data, mana-mana saja yang mencoba-coba (melanggar), atau titik yang rawan. Itu kemudian kami coba untuk sisir, mulai selesai salat tarawih sampai pukul dua dini hari,” jelasnya.

BACA JUGA:Satpol PP Surabaya Segel Lahan Bongkar Muat Sayur di Jalan Pandegiling

Satpol PP bekerja sama dengan TNI/Polri dan masyarakat dalam melakukan patroli malam atau operasi yustisi. Lintas OPD juga terlibat dalam pengawasan di lapangan.

"Bahkan lintas OPD juga bersama-sama melakukan pengawasan di lapangan. Supaya tidak terkesan pemkot itu berjalan sendiri-sendiri,” tandasnya. 

Sementara itu Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kota Surabaya Yudhistira, mengatakan bahwa pihaknya mengintensifkan pengawasan terhadap RHU selama Ramadan. Patroli dilakukan secara acak menyasar tempat-tempat RHU di Surabaya.

"Kami berkeliling melakukan patroli secara acak menyasar tempat tempat RHU di Surabaya," ujarnya. 

Sumber: