Sempat Unggul, Persebaya Kalah atas Borneo 2-1

Sempat Unggul, Persebaya Kalah atas Borneo 2-1

Toni Firmansyah melakukan tendangan keras yang berhasil menjebol gawang Nadeo Arga Winata.-Istimewa-

BALIKPAPAN, MEMORANDUM - Persebaya harus menelan pil pahit usai kalah atas tuan rumah Borneo FC 2-1. Sempat unggul terlebih dahulu melalui Toni Firmansyah menit ke-85, Bajol Ijo harus ter-comeback usai Pesut Etam berbalik unggul di masa injury time di babak kedua melalui gol bunuh diri Kasim Botan 92 dan Ikhsan menit ke-98.

 BACA JUGA:Berikut Susunan Resmi Line-up Borneo vs Persebaya

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis 7 Maret 2024, malam itu berjalan cukup seru. Kedua tim saling menyerang untuk dapat mencetak gol.

 BACA JUGA:Prakiraan Susunan Pemain Borneo FC vs Persebaya Nanti Malam

Borneo FC yang tampil sebagai tim tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal babak pertama. Sementara Persebaya lebih banyak menunggu dan mengandalkan serangan balik cepat.

 BACA JUGA:H2H Borneo FC vs Persebaya, Pesut Etam Unggul Tipis

Menit 14, Persebaya mendapatkan kesempatan melalui Robson Duarte. Sayang, umpan tarik Robson ke depan gawang Borneo FC tak ada yang menyambut. Bola bisa disapu lini pertahanan Pesut Etam.

BACA JUGA:Dapat 3 Tambahan Amunisi, Persebaya Siap Hadapi Borneo

Menit 25, Borneo FC yang memperoleh peluang. Mendapatkan umpan terobosan mendatar dari Pluim, sepakan Felipe Cadenazzi masih dapat diblok Andhika Ramadhani, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

 BACA JUGA:Tak Dapat Jatah Libur, Persebaya Langsung Gelar Latihan Persiapan Menghadapi Borneo

Empat menit berselang, giliran Adam Alis yang mendapatkan kesempatan. Umpan panjang Fajar Fathurrahman menuju Adam Alis yang menusuk ke dalam kotak penalti. Tembakan keras Adam Alis masih dapat ditepis Andhika Ramadhani.

Persebaya memperoleh peluang melalui serangan balik cepat menit 38. Bruno Moreira terlepas dari jebakan offside dan tinggal berhadapan melawan Fajar Fathurrahman. Sekali gocek, Bruno kemudian melepaskan tembakan mendatar dan masih terlalu mudah bagi Nadeo Arga Winata.

Tidak ada gol yang tercipta selama 45 menit jalannya pertandingan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Borneo lebih mendominasi pertandingan. Persebaya sendiri banyak mengandalkan serangan balik.

Meskipun menyerang, Borneo FC tampak kesulitan menembus pertahanan Bajul Ijo yang sangat solid.

Persebaya ahkirnya mencetak gol pada menit ke-85. Pemain pengganti Toni Firmansyah berhasil menjebol gawang Nadeo dengan tendangan jarak jauhnya usai mendapatkan bola liar. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Borneo merespons, pada menit ke-89 Adam Alis hampir saja menyamakan kedudukan melalui boa muntah dari halauan kiper Andhika. Namun kesigapan Andhika kembali menepis bola dan menggagalkan peluang matang Pesut Etam.

Pada menit ke-92, Persebaya harus kebobolan melalui gol bunuh diri Kasim Botan. Berniat menghalau bola dengan sundulan, justru bola masuk ke gawang sendiri. Skor imbang 1-1.

Borneo berbalik unggul pada menit ke-98, berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut di dalam kotak penalti. Bola yang mengarah ke Ikhsan langsung disambar dan menjebol gawang Andhika.

Keunggulan 2-1 Borneo ini bertahan hingga usai. Dengan hasil ini memastikan Borneo FC mendapatkan satu tiket lolos ke Championship Series. (*)

Sumber: