Melangkah Maju Bersama dengan Insan Down Syndrome

Melangkah Maju Bersama dengan Insan Down Syndrome

Memperingati perayaan hari down syndrome dunia 2024, Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS) Jatim bersama dengan BKKKS Jatim menggelar kegiatan bincang santai bersama pakar, Sabtu 2 Maret 2024.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Memperingati perayaan hari down syndrome dunia 2024, Persatuan Orang Tua Anak Dengan down syndrome (POTADS) Jatim bersama dengan BKKKS Jatim menggelar kegiatan bincang santai bersama pakar, Sabtu 2 Maret 2024.

Dr dra Pinky Saptandari MA yang menjadi salah seorang nara sumber mengatakan, kegiatan bersama insan dwon syndrome memberi pembelajaran, bahwa berinteraksi dengan insan down syndrome membuka sebuah ruang penuh inspirasi dan pembelajaran.

"Kegigihan, semangat, dan keceriaan mereka dalam menghadapi berbagai rintangan merupakan contoh luar biasa bagi kita semua. Keberagaman talenta dan potensi yang mereka miliki perlu mendapat kesempatan untuk berkembang dan bersinar," ujar Pinky.

Memberikan dukungan dan menjalin kolaborasi tanpa batas ruang dan waktu adalah kunci untuk membantu insan down syndrome mencapai potensi penuh mereka.

Keterlibatan berbagai pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan, pemerintahan, hingga media, sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.

Ditambahkan Pinky, berinteraksi dengan insan down syndrome memberikan pembelajaran seumur hidup bagi semua pihak.

"Kita belajar tentang arti kesabaran, empati, dan cinta tanpa pamrih. Kita juga belajar untuk menerima dan menghargai perbedaan, serta melihat potensi luar biasa yang dimiliki setiap individu," ujarnya.

Melalui interaksi dan edukasi, kata Pinky, maka dapat membantu mengubah pelabelan negatif terhadap insan down syndrome.

"Kita perlu memperluas penerimaan dan penghargaan terhadap mereka, serta memberikan kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi dalam masyarakat," kata Pinky.

"Mari kita bersama-sama membuka ruang bagi insan down syndrome untuk mengekspresikan diri, berkreasi, dan meraih prestasi. Dukungan dan kolaborasi dari semua pihak sangatlah penting untuk menciptakan masa depan yang lebih inklusif dan penuh kasih bagi mereka," ajaknya.

Sementara itu, Soffy Balgies M.Psi yang juga menjadi nara sumber dalam acara tersebut mengatakan anak dengan sindrom down memiliki kelebihan, yakni:

1 Kecerdasan Emosional
Anak-anak dengan Down Syndrom memiliki kecerdasan emosi dalam mengekspresikan perasaan dan menghibur dirinya.

2 Kecerdasan Sosial
Mereka cenderung memiliki keterampilan sosial untuk dapat menjalin keakraban dan hubungan dekat dengan orang orang lain.

3 Kepribadian Unik
Setiap anak dengan sindrom down memiliki keunikan dalam kepribadian mereka, yang sering kali positif dan memikat.


Anak dengan sindrom down memiliki potensi:

1. Potensi Kognitif
Anak-anak dengan sindrom down memiliki memiliki kemampuan kognitif yang dapat berkembang melalui pendekatan pembelajaran yang tepat.

2. Potensi Fisik
Meskipun ada keterbatasan fisik, mereka memiliki potensi untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang dapat meningkatkan Kesehatan dan ketangkasan mereka.

3. Potensi Sosial dan Emosional
Mereka dapat mengembangkan hubungan sosial yang yang erat dan memahami berbagai emosi dengan baik. (*)

Sumber: