Butuh Sikap Legowo Capres-Cawapres

Butuh Sikap Legowo Capres-Cawapres

Ketua Umum DPP Pilar 08, Kanisius Karyadi.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Berbagai kendala dan tantangan,  KPU RI diyakinu menuntaskan menetapkan hasil Pemilu, terutama perhitungan Capres Cawapres. Hal ini ditegaskan Ketua Umum DPP Pilar 08, Kanisius Karyadi.

“Kami mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan perhitungan perolehan suara Pemilu 2024. Khusunya pilihan presiden dan wakil presiden,” tegas Kanisius Karyadi, Sabtu 2 Maret 2024.

BACA JUGA:Ditemui Tim NCS Polri, Habib Taufiq Berharap Pemenang Pilpres Jadi Pemersatu Bangsa

Karena itu, Kanisius Karyadi meminta semua pihak turut ambil bagian mengawasinya.

BACA JUGA:Inilah 3 Syarat Capres Menang Satu Putaran di Pilpres 2024

“Terutama saksi Pemilu, Bawaslu dan lembaga pengawas independen untuk memastikan perhitungan sebagaimana standar operasional prosedurnya,” sebut dia. 

Kanisius Karyadi juga mendorong pihak pihak yang berkepentingan legawa atas hasil perhitungan, penetapan dan keputusan KPU terkait pemenang pilihan presiden dan wakil presiden. 

Sikap legawa perlu diaplikasikan sebab ini salah satu cara menyelesaikan berbagai silang pendapat yang muncul akibat kurang bisa menerima risiko pemilihan baik yang kalah maupun yang menang. “Kami menghimbau masyarakat pemilih tidak perlu larut dalam  kebingungan,” tegas Kanisius Karyadi yang juga aktivis 98 ini.

Jikalau ada keraguan hasil Pemilu, diminta melalui mekanisme Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi (MK). Ia juga mendorong para elit partai politik menurunkan panasnya tensi politik pascacoblosan 14 Pebruari 2024.

Karyadi memprediksi hasil perhitungan manual KPU, hasil pemilu dan pilpres tidak terlalu melenceng dari hasil hitung cepat lembaga survei profesional terdaftar. (day)

Sumber: