PJ Wali Kota Batu Serahkan Sertifikat Halal

PJ Wali Kota Batu Serahkan Sertifikat Halal

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyerahkan sertifikat halal kepada pedagang.-Biro Malang-

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai telah menyerahkan 1.001 sertifikat halal secara gratis di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu. Ini menunjukkan bahwa ribuan pedagang dan UMKM Kota Batu sudah mengantongi sertifikat berlabel halal.

Berdasarkan laporan Kepala Kementrian Agama Kota Batu, dari 1.847 pelaku usaha yang mengajukan sertifikasi halal, sebanyak 1.668 pemohon yang sudah mendapatkan sertifikat halal.

Pj Wali Kota Batu menyampaikan tujuan kepemilikan sertifikat halal yang secara langsung diserahkan olehnya itu membuat kenyamanan bagi pembeli.

Sertifikat itu meyakinkan jaminan kehalalan barang dagangan yang dikonsumsi oleh pembeli. Ini tentunya akan berdampak positif, terlebih  mendekati bulan Ramadan.

BACA JUGA:Pemkot Batu Pasang Pagar di Bekas Pasar Relokasi

“Sertifikasi halal ini menjadi pemberi jaminan kepada masyarakat terkait yang dikonsumsi. Sebab hal ini sangat penting semakin halal makanan yang diproduksi semakin tenang para wisatawan dan masyarakat untuk mengonsumsi produk yang dijual oleh pedagang,” terang Aries, Selasa 27 Februari 2024.

Untuk selanjutnya, Aries berharap sertifikat halal dapat dimiliki seluruh pedagang di Kota Batu. Pemkot Batu berkomitmen untuk membantu masyarakat untuk memperoleh sertifikasi melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, UMKM dan Perdagangan (Diskumdag) dan Kementerian Agama Kota Batu.

“Memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya pedagang bisa memperoleh informasi dari Dinas Koperasi dan Kementerian Agama Kota Batu untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat halal ini,” terangnya.

Aries menyampaikan kepemilikan sertifikat halal oleh pedagang tersebut diharapkan dapat mempertahankan kualitas produknya untuk tetap bersih dan halal.

BACA JUGA:Kemendagri Khawatirkan Komoditas Rawan Inflasi Saat Pemilu 2024, Pemkot Batu Lakukan GPM

“Semoga ini dapat menjadi barokah untuk semua. Semoga produk-produk yang dihasilkan betul-betul telah terjamin kehalalannya agar dapat dikonsumsi dengan aman oleh para wisatawan dan masyarakat Kota Batu,” harapnya.

Sementara, terkait sertifikat halal, Kepala Diskumdag Aris Setiawan menyebutkan sebanyak 2.000 sertifikat yang ditargetkan oleh dinasnya. “Dengan begitu produk UMKM di Kota Batu mempunyai kurasi yang bagus dan terukur dengan kualitas yang baik,” ujarnya.(yon)

Sumber: