Rekapitulasi Rabu, Parpol Legislatif di Gresik Klaim Perolehan Kursi Sesuai Target

Rekapitulasi Rabu, Parpol Legislatif di Gresik Klaim Perolehan Kursi Sesuai Target

Kepolisian Gresik patroli ke beberapa PPK yang melakukan rekapitulasi--

GRESIK, MEMORANDUM - Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah rampung. KPU GRESIK tengah berfokus menyiapkan rekapitulasi tingkat kecamatan pada Rabu 28 Februari 2024 mendatang. 

Sejauh ini, sejumlah partai politik (parpol) besar di Kota Pudak telah mengklaim perolehan kursi legislatif memenuhi target. Hal itu dipastikan setelah 18 PPK telah menyelesaikan proses rekapitulasi. 

Secara keseluruhan, tahapan dinyatakan rampung sejak Sabtu 24 Februari 2024. "Ada beberapa wilayah yang sudah selesai lebih awal, sehingga langsung mendistribusikan kotak suara menuju gudang penyimpanan logistik KPU," ujar Ketua KPU Gresik Akhmad Roni.

Pihaknya pun tengah berfokus mengawal proses pergeseran kotak suara dari masing-masing PPK. Langkah itu dilakukan untuk memulai tahapan selanjutnya, yakni rekapitulasi di tingkat kabupaten.

BACA JUGA:Besok, KPU Gresik Berangkatkan Logistik untuk Kepulauan Bawean

Salah satunya yakni berkoordinasi dengan pihak terkait agar proses berjalan lancar. "Kami menjadwalkan rekapitulasi dan pleno terbuka pada Rabu (28/2) mendatang. Dengan target selesai maksimal 3 hari," ujar Alumnus ITS Surabaya itu.

Berakhirnya rekapitulasi tingkat kecamatan membuat peserta Pemilu 2024 di Kota Pudak mengumumkan masing-masing perolehan. Roni pun memaklumi hal tersebut, lantaran seluruh saksi parpol ikut diterjunkan mengawal proses penghitungan sejak tingkat TPS.

"Menjadi hak masing-masing. Namun secara kelembagaan KPU, pengumuman hasil Pemilu akan disampaikan setelah rekapitulasi nasional selesai," jelasnya.

Sesuai jadwal, rekapitulasi nasional akan dilakukan paling lambat pada 20 Meret. Sebelum itu, pihak penyelenggara juga memberikan kesempatan bagi peserta pemilu untuk mengajukan sengketa atau keberatan dari tahapan yang telah dilalui. 

BACA JUGA:PDIP Daftarkan 50 Bacaleg, Ada Nama Mantan Komisioner KPU Gresik

"Sehingga, kami meminta untuk tetap mengawal proses yang masih berjalan. Hingga tahapan benar-benar selesai secara keseluruhan," tandasnya.

Berakhirnya rekapitulasi tingkat kecamatan membuat perolehan suara mulai terang benderang. Bahkan, parpol legislatif telah mengklaim perolehan kursi sesuai target awal.

"Insyaallah, kami telah mengunci 10 kursi di DPRD Gresik. Jumlah itu sesuai target dan meningkat dibandingkan Pileg 2019 lalu," ujar Ketua DPC Gerindra Gresik Asluchul Alif.

Hal senada juga diakui oleh DPC PDIP Gresik yang mampu meraih perolehan 9 kursi legislatif. Capaian itu tentu sangat membanggakan. Mengingat pada edisi Pileg sebelumnya, parpol berlambang kepala banteng itu hanya meraup 6 kursi.

Sumber: