Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Daun salam--

SURABAYA, MEMORANDUM - Daun salam telah lama digunakan oleh masyarakat Asia, termasuk Indonesia, sebagai bumbu untuk meningkatkan kelezatan dan aroma masakan. 

 

Selain melezatkan makanan, daun salam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat daun salam paling banyak didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol.

BACA JUGA:Inilah 8 Manfaat Daun Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Daun Salam

 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman yang sering dijadikan rempah ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat daun salam ini tentu saja didapat berkat kandungan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan imunitas. 

 

2. Mencegah batu ginjal

Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun salam bermanfaat untuk mencegah batu ginjal. Manfaat daun salam ini didapat karena daun salam dapat mengurangi jumlah urease di dalam tubuh. 

 

3. Menjaga kadar gula darah

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ekstrak daun salam secara rutin dapat membantu menurunkan serta mengelola kadar gula darah pada penderita diabetes. 

BACA JUGA:Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan Tubuh

4. Menurunkan kolesterol

Studi menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. 

 

5. Mencegah serangan jantung

Daun salam mengandung kandungan senyawa antioksidan dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu menurunkan kadar gula darah serta kolesterol, sehingga serangan jantung maupun penyakit kardiovaskuler lainnya dapat dicegah.

 

6. Mengatasi sakit perut

Di dalam daun salam juga terkandung serat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Manfaat Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan Tubuh

7. Mempercepat penyembuhan luka

Saat terjadi luka, tubuh akan mengalami proses peradangan lokal sebagai bagian dari proses penyembuhan. 

 

8. Mencegah osteoporosis

Mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis juga merupakan manfaat daun salam. Kandungan magnesium dalam daun salam dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. 

 

9. Mencegah pikun

Berkat berbagai senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun salam, tubuh pun dapat terhindar dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif, seperti pikun.

 

10. Mencegah kanker

Manfaat daun salam berikutnya adalah mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak daun salam memberikan hasil yang menjanjikan dalam mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker kolorektal.

Sumber: