Penumpang Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Naik 121 Persen

Penumpang Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Naik 121 Persen

Para penumpang kapal antre masuk ke ruang tunggu Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - Kapal penumpang dan Ro-Ro sangat erat kaitanya dengan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) yang masuk dalam lingkup area Pelabuhan Tanjung Perak, SURABAYA

Seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang membutuhkan moda transportasi umum yang aman dan nyaman, salah satunya adalah kapal laut. Terminal Penumpang GSN setiap harinya selalu dipadati penumpang kapal dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. 

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Kapal Pesiar Mulai Kunjungi Tanjung Perak

Selain itu, juga terdapat kegiatan yang juga tidak kalah ramainya dengan arus penumpang yang masuk setiap harinya, yakni pengangkutan unit kendaraan menggunakan kapal Ro-Ro yang juga menjadi pemandangan sehari-hari.

BACA JUGA:Nataru, Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Penumpang Kapal 24 Persen

Kahumas Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa Rendy Fendy menjelaskan, adanya kenaikan jumlah volume penumpang maupun kendaraan yang diangkut oleh kapal Ro-Ro sepanjang 2023 yang melebihi RKAP 2023 hingga triwulan 4 dan melampaui capaian realisasi volume arus penumpang dan kendaraan pada 2022.

BACA JUGA:Nataru, Arus Penumpang Kapal di Tanjung Perak Meningkat

Menurutnya terjadi tren kenaikan kinerja Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa yang sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana pencapaian arus penumpang dan kendaraan sampai dengan triwulan 4 pada 2023 yang terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA:Tahun 2024, Kunjungan Kapal Pesiar di Tanjung Perak Diprediksi Naik 3 Kali Lipat

Berdasarkan laporan, realisasi hingga triwulan 4 pada 2023 untuk arus Penumpang di Terminal Penumpang GSN mencapai 1.422.380 orang. Sedangkan untuk arus kendaraan mencapai 365.620 unit. 

BACA JUGA:Peringati Bulan K3 Nasional, Pelindo Regional 3 Kumpulkan 171 Kantong Darah untuk PMI

Ini artinya masing-masing arus terealisasi sebesar 117 persen untuk satuan orang dan 110 persen untuk satuan unit dari angkaran RKAP sampai dengan triwulan 4 pada 2023 dan mengalami peningkatan 121 persen untuk orang dan 122 persen untuk unit kendaraan dibandingkan realisasi 2022.

BACA JUGA:Tingkatkan Layanan, Tahun 2024 Pelindo Regional 3 Siapkan 3 Rencana Strategis

“Hal tersebut terjadi dikarenakan semakin banyaknya jumlah armada kapal yang beroperasi dan adanya penambahan rute destinasi serta pelabuhan baru yang beroperasi. Jadi semakin banyak rute yang dilayani, maka semakin banyak penumpang yang dapat menggunakan moda transportasi laut ini. Terlebih di tahun 2023 ini segala bentuk penyekatan atau pembatasan karena Covid-19 telah dicabut oleh pemerintah. Jadi masyarakat lebih aman untuk berpergian,” terang Rendy, Kamis 22 Februari 2024.

Sumber: