Operasi Gabungan, Roda 2 Dominasi Penunggak Pajak

Operasi Gabungan, Roda 2 Dominasi Penunggak Pajak

Pelaksanaan operasi gabungan untuk sadar pajak.--

MALANG, MEMORANDUM-Polresta Malang Kota melalui Registrasi identifikasi (Regident) Satlantas Polresta Malang Kota, Samsat Kota Malang dan Jasa Raharja melakukan operasi gabungan Sadar Pajak di kawasan Jl Bandung, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Selasa 20 Februari 2024.

Operasi tersebut, menyasar para penunggak pajak bagi pengendara roda 4 maupun roda 2. Puluhan personel gabungan  menghentikan seluruh kendaraan dan melakukan pemeriksaan.

Sebagai salah satu upaya, untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor.  Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

BACA JUGA:LSM LIRA Kota Malang Akan Laporkan Dugaan Politik Uang

"Ya, hari ini kami melakukan operasi gabungan kepada para pengguna jalan. Meningkatkan kesadaran membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Rutin dilakukan, dua kali dalam sebulan," terang Kasi Penagihan dan Pembayaran UPT PPD Samsat Malang Kota, Suherman saat ditemui di lokasi, Selasa 20 Februari 2024.

BACA JUGA:Tabung Elpiji Meledak di Warung, Bapak-Anak di Malang Jadi Korban

Dalam operasi gabungan itu, petugas menemukan masih banyak kendaraan menunggak PKB. Didominasi sepeda motor atau roda 2.

"Kalau dari hasil operasi tadi, kesadaran dari pemilik mobil dalam membayar PKB sangat tertib. Namun untuk sepeda motor, kami temukan sebagian belum membayar pajak," lanjutnya. 

Mungkin kata dia, karena faktor ekonomi. Karena kebanyakan pemilik sepeda motor adalah ojek online (ojol) maupun mahasiswa. Pihaknya mengedepankan edukasi,supaya sadar dan taat membayar pajak.

"Kami hanya memberikan imbauan kepada masyarakat. Apabila memang telat membayar pajak, kita imbau untuk segera membayar di Samsat Keliling," pungkasnya. 

Selain melakukan pemeriksaan PKB, petugas gabungan juga memberikan sosialisasi keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. 

"Disamping pengecekan PKB, juga memberikan sosialisasi keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. Yang tertib berlalu lintas, dapat hadiah souvenir  gantungan kunci sebagai apresiasi," terang Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Malang, Eko Mulyanto.

Hal senada juga disampaikan Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satlantas Polresta Malang Kota, AKP Yulian Putra. Ia berharap, seluruh masyarakat Kota Malang, untuk selalu tertib berlalu lintas. 

"Selalu lengkapi kendaraan dengan perlengkapan keselamatan seperti spion dan gunakan helm SNI. Dan jangan gunakan knalpot tidak sesuai spsifikasi teknis atau knalpot brong," jelasnya. (edr)

Sumber: