TMMD Bukti Kemanunggalan TNI dan Masyarakat

TMMD Bukti Kemanunggalan TNI dan Masyarakat

Pj Bupati Andriyanto menyaksikan penandatangan dari Kodim 0819 saat apel pembukaan TMMD di Lapangan Ahmad Yani Grati.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Ratusan prajurit TNI dari Kodim 0819 Pasuruan melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2024. Program yang digelar serentak di beberapa wilayah di Indonesia ini merupakan darma bhakti TNI kepada warga di wilayah setempat. 

Pelaksanaan program ini ditandai dengan apel pembukaan pelaksanaan TMMD tahun 2024 di lapangan Ahmad Yani Kecamatan Grati. Hadir dalam apel pembukaan tersebut, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan dan warga sekitar. 

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Ajak Tokoh Agama Cooling System Pasca Pemilu

Sebelum pelaksanaan apel, Pj Bupati secara simbolis menyerahkan peralatan untuk pelaksanaan TMMD kepada Komandan Kodim 0819/Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak. TMMD pada tahun 2024 merupakan TMMD ke-119. Mengangkat tema: “Darma Bhakti Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Diharapkan dengan program tersebut, hasilnya bisa membawa daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD bisa bangkit dan lebih maju dan mampu bersaing dengan daerah lainnya.

BACA JUGA:Si Dokkes Polres Pasuruan Pastikan Kesehatan Petugas Pengamanan Pemilu 2024

Selain pelibatan unsur TNI, peran serta warga masyarakat juga dibutuhkan dalam program TMMD ini. Untuk tahun ini TMMD dilaksanakan di Desa Kalipang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, program TMMD ini bukan hanya dilakukan oleh TNI saja. Namun instansi yang lain, termasuk Polri dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersatu padu dalam pelaksanaan TMMD. Pj Bupati Andriyanto dalam amanatnya berpesan bahwa kegiatan TMMD ini juga bertujuan mendukung upaya pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan. Disamping juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Aspek kemanunggalan TNI bersama rakyat termasuk salah satunya yang harus kita tingkatka. Ini juga merupakan bentuk bakti TNI kepada masyarakat," terang Andriyanto di lapangan A Yani Grati, Selasa (20/2).

Sementara itu, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak mengatakan, pada pelaksanaan TMMD tahun 2024 ini akan fokus pada pembangunan infrastruktur. Diantaranya adalah pembangunan plengsengan penahan tebing.

Disamping itu, TMMD juga fokus pada perbaikan akses jalan dengan memasang paving sepanjang 1.000 meter. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah dan memperlancar perekonomian warga. Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga merupakan salah satu fokus dalam pelaksanaan TMMD ke-119 di Desa Kalipang Kecamatan Grati.

"Peran serta masyarakat dan instansi lainnya tetap kita harapkan bisa mendukung pelaksanaan TMMD ini. Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang sudah mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD ini," kata Dandim Noor Iskak.

TMMD dimulai hari ini, Selasa (20/2) sampai dengan 20 Maret 2024. Selama 30 hari ke depan, program kemanunggalan TNI dan masyarakat  akan bisa membawa dampak yang baik dan manfaatnya bisa dirasakan oleh warga secara langsung. 

Peserta TMMD ke-119 tahun 2024 ini diikuti oleh 150 orang personil TNI, 150 orang dari Polri serta unsur masyarakat. (kd/mh)

Sumber: