Atasi Stunting dengan 3 Tips Gizi Seimbang Ini

Atasi Stunting dengan 3 Tips Gizi Seimbang Ini

-unsplash-

MEMORANDUM - Stunting, atau kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia. Data menunjukkan bahwa 24,4 persen balita di Indonesia mengalami stunting pada tahun 2021.

Gizi seimbang merupakan salah satu kunci utama untuk mengatasi stunting. Berikut adalah 3 tips Gizi seimbang yang dapat membantu mencegah dan mengatasi stunting:

BACA JUGA:Tali Asih Ketum Bhayangkari Untuk Atasi dan Cegah Stunting

1. Konsumsi Makanan Beragam dan Bergizi

Pastikan anak mendapatkan asupan makanan yang beragam dari semua kelompok makanan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral). Pilihlah makanan yang kaya akan zat besi, vitamin A, dan zinc untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

BACA JUGA:Banyuwangi Jadi Pilot Project Gerakan Anak Sehat untuk Cegah Stunting

2. Berikan ASI Eksklusif selama 6 Bulan Pertama

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi dan dilanjutkan dengan pemberian MPASI yang bergizi setelahnya.

BACA JUGA:Pentingnya Memahami Stunting pada Anak

3. Menjaga Kebersihan dan Sanitasi

Lingkungan yang bersih dan sanitasi yang baik dapat membantu mencegah anak dari penyakit infeksi yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Pastikan anak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan dan setelah buang air besar.

BACA JUGA:Menko PMK : Stunting Jadi Penghalang Pembangunan SDM Lebih Berkualitas

Dengan menerapkan tips gizi seimbang dan menjaga lingkungan yang sehat, kita dapat bersama-sama mengatasi stunting dan mewujudkan generasi Indonesia yang sehat dan berkualitas. (*)

Sumber: