SMPN 2 Tanggulangin Direlokasi

SMPN 2 Tanggulangin Direlokasi

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali sidak banjir di Kedungbanteng, Tanggulangin.-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan merelokasi SMPN 2 Tanggulangin. Pasalnya, sekolah menengah pertama yang berada di Desa Kedungbanteng, tersebut saat memasuki musim hujan selalu banjir. 

Meski berbagai solusi seperti peninggian kelas, peninggian halaman hingga betonisasi jalan sudah ditempuh, banjir tetap terjadi di sana.

BACA JUGA:Sinergi Atasi Luapan Air di Kedungbanteng Tanggulangin

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) mengatakan alternatif relokasi sekolah ini merupakan yang terbaik bagi guru maupun siswa agar proses belajar mengajar tetap berjalan normal. 

"Segala cara sudah kami tempuh, mulai dari peninggian kelas, halaman, hingga betonisasi jalan, namun tak kunjung usai mengatasi banjir tiap tahun yang menimpa SMPN 2 Tanggulangin ini. Sehingga kami segera relokasi sekolah ini dalam waktu dekat," kata Gus Muhdlor saat sidak banjir di Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin, Sabtu, 18 Februari 2024, malam.

BACA JUGA:Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Kedungbanteng Rampung Dibagikan

Terkait relokasi ini, lanjut Gus Muhdlor, sebelum diputuskan akan dibicarakan secara matang oleh berbagai pihak mulai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Camat Tanggulangin, pihak sekolah, dan pihak komite sekolah

"Kami akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk dipindah dimana, yang jelas tempat yang tidak langganan banjir seperti saat ini," jelasnya. 

BACA JUGA:Korban Banjir Sidoarjo Dapat Makanan Siap Saji dan Bantuan Lain

Gus Muhdlor juga menyebut untuk tempat ini harus benar-benar didiskusikan dengan baik sesuai kesepakatan bersama. 

"Tempatnya kemungkinan tetap mewakili sisi timur Tanggulangin dengan dataran yang agak tinggi supaya tidak banjir lagi seperti saat ini," pintanya. 

BACA JUGA:BPBD Kirim Logistik dan Evakuasi Warga Terdampak Banjir Waru Sidoarjo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sidoarjo, Tirto Adi mengatakan, kebijakan relokasi tersebut nantinya merupakan kebijakan jangka panjang dan pihaknya siap menjalankannya. 

"Kami siap menjalankan relokasi SMPN 2 Tanggulangin ini," ujarnya. 

Sumber: