Inilah 7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas

Inilah 7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas

ilustrasi jerawat--

SURABAYA, MEMORANDUM - Jerawat batu adalah jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut berisi nanah pada wajah. Jenis jerawat ini kerap muncul pada pipi dan mengganggu penampilan. 

 

Hal inilah yang membuat tak sedikit orang mencari cara menghilangkan jerawat batu di pipi yang efektif, aman, dan tidak meninggalkan bekas. 

BACA JUGA:Ingin Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

Agar tidak semakin mengganggu, kamu bisa mencoba cara menghilangkan jerawat batu di pipi dengan bahan alami berikut:

 

1. Bawang putih

Kandungan antiseptik pada bawang putih dapat melawan bakteri penyebab jerawat batu di pipi hingga ke lapisan kulit wajah terdalam. 

 

Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan bawang putih, lalu oleskan ke jerawat di pipi kanan maupun kiri. Lalu, tunggu selama beberapa menit hingga meresap dan kering. Setelah itu, bilaslah wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

 

2. Air perasan lemon

Langkah pertama, siapkan air perasan lemon dan sehelai kapas. 

Celupkan kapas ke dalam air lemon, lalu tempelkan ke bagian wajah yang berjerawat. 

Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

 

3. Cara menghilangkan jerawat batu di pipi dengan baking soda

Caranya, ambil 8-10 sendok teh baking soda dan campur dengan 4-5 sendok air hangat. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah, lalu tunggu selama 15 menit sebelum membilasnya.

 

4. Teh hijau

Cara menggunakannya cukup dengan menyeduh teh hijau terlebih dahulu, lalu aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

 

5. Tea tree oil

Manfaat tea tree oil sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu di pipi telah sangat populer. Sebab, bahan alami ini memiliki kandungan terpinene yang membawa sifat antiperadangan dan antibakteri. 

 

6. Menggunakan tomat

Caranya cukup dengan menggosokkan potongan buah tomat ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

 

7. Kompres dingin dan hangat

Kompres dingin dengan menggunakan es batu bisa membantu mengurangi rasa nyeri maupun peradangan karena jerawat batu. Selain itu, cara menghilangkan jerawat batu lainnya yaitu kompres hangat.

 

Air hangat akan membuat benjolan jerawat menjadi lebih lunak sehingga nanah dapat segera muncul ke permukaan. Kamu bisa melakukan kompres dingin dan hangat secara bergantian.

Sumber: