Di UWG, Rocky Gerung Sampaikan Pilihan Pikiran Kriteria Pemimpin

Di UWG, Rocky Gerung Sampaikan Pilihan Pikiran Kriteria Pemimpin

Pengamat politik Rocky Gerung saat menyampaikan orasinya.--

MALANG, MEMORANDUM-Pengamat politik Rocky Gerung menilai, ada sejumlah kriteria untuk yang selayaknya dimiliki calon pemimpin. Ia  menempatkan, etika menjadi posisi terpenting yang harus djunjung tinggi.

Hal itu ia sampaikan, saat menjadi pemateri dalam Panggung Mimbar Akademik dan Kerakyatan, di aula Widya Graha, Universitas Widyagama Malang (UWG), Senin 12 Februari 2024.

Dalam panggung itu, Fakultas Hukum UWG mengambil tema, "Indonesia dalam Pusaran Demokrasi atau Demo Crazy ?

BACA JUGA:Kapolres Malang Lepas 811 Personil Amankan TPS

Sebuah Refleksi Merawat Keindonesiaan Kita Melalui Demokrasi dan Kerakyatan dalam perspektif Etika, Filsafat dan Hukum HAM".

BACA JUGA:Satreskoba Polres Malang Ungkap 9 Kasus dan Amankan 10 Tersangka

"Etikabilitas, menjadi yang terpenting dimiliki calon pemimpin. Dan setelah itu, baru intelektualitas dan berikutnya elektabilitas, di masa demokrasi," terang Rocky Gerung dalam orasinya.

Karena itu, kata dia, perlu adanya pelajaran atau mata kuliah etika. Termasuk, bagaimana penterjemahanya dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak ketinggalan, juga terkait ketauladanan yang untuk menjadi contoh.

Kedatangannya, di kampus, kata dia, juga untuk menyampaikan perspektif cara pandang pikiran. Menurutnya, saat ini Demokrasi sedang maju mundur. Meskipun sedikit maju, tapi mundurnya banyak.

Dalam kesempatan itu, pria yang mahir di dalam ilmu filsafat ini, tak lepas juga menyampaikan hasil pikirannya terhadap pemerintah. Termasuk menyoroti tentang hutang pemerintah yang cukup besar. Hingga problem pengembalianya, yang bisa saja memakan waktu lama.

"Ya, ini perspektif. Pilihan pilihan pikiran, terlebih di dunia kampus. Apalagi saat ini, kampus merdeka. Jadi merdeka untuk mengucapkan pikiran. Kami  datang, mewakili kecemasan dan kegelisahan dan memberikan pilihan pikiran," katanya. (edr)

Sumber: