Ratusan Pasukan Polres Pasuruan Mulai Geser ke TPS

Ratusan Pasukan Polres Pasuruan Mulai Geser ke TPS

Dalam apel pergeseran pasukan hadir pula Wakapolres, para Pejabat Utama, Kapolsek jajran serta para perwira dan staf Polres Pasuruan dan Polsek jajaran lengkap. --

PASURUAN, MEMORANDUM-Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 tinggal sehari. Kesiapan petugas keamanan dalam membantu pengamanan dan kelancaran jalannya pesta demokrasi ini sudah dilakukan jajaran Polres Pasuruan. Sebagai bentuk kesiapan dan komitmen, Polres Pasuruan menggeser sebanyak 550 anggota dibantu 300 personil TNI dari Kodim 0819 dan Koramil. 

Apel kesiapan pasukan di halaman Mapolres Pasuruan pada Senin (12/2). “Apel kesiapsiagaan pasukan ini dalam rangkan pengamanan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 hingga penghitungan suara agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar di wilayah hukum Polres Pasuruan,” tegas Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra saat membacakan amanahnya dalam apel tersebut. 

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Turun ke Lokasi Terdampak Banjir dan Beri Bantuan

Dalam apel pergeseran pasukan hadir pula Wakapolres, para Pejabat Utama, Kapolsek jajran serta para perwira dan staf Polres Pasuruan dan Polsek jajaran lengkap. Upacara ini juga dihadiri satuan setingkat pleton pasukan Polwan dan juga 1 SST Sabhara. 

BACA JUGA:Kades di Pasuruan Dipanggil Bawaslu, Terkait Deklarasi Dukungan Capres

Ratusan pasukan yang bakal digeser ke seluruh Tempat Pengungutan Suara (TPS) dibagi dalam beberapa rayon. Misalnya rayon barat, meliputi; Polsek Gempol, Beji, Bangil, Pandaan, Prigen dan Polsek Rembang. 

Selanjutnya, ada pula pasukan yang ditempatkan di rayon Selatan, meliputi; Polsek Purwosari, Purwodadi, Wonorejo, Kejayan, Sukorejo dan Polsek Nongokojajar.

Sementara pasukan yang ditempatkan di rayon timur, meliputi; Polsek Pasrepan, Puspo, Tosari, Lumbang, dan Polsek Winongan. “Pemilu tahun 2024 ini dilaksanakan di 17 Kecamatan yang tersebar 254 Desa dan 3.953 TPS. Alhamdulillah klasifikasi kerawanan TPS yang ada di Kabupaten Pasuruan statusnya kurang rawan,” tegas Kapolres. 

Sementara, anggota yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 sebanyak 550 Personel. Dengan kebutuhan anggota 2 Polri di 28 TPS. Selanjutnya juga diperlukan sinergitas dan kolaborasi dengan TNI dan stakeholder terkait untuk menciptakan situasi kamtibmas yang tetap kondusif. Untuk permintaan bantuan pengamanan kepada Kodim 0819 sebanyak 300 personel. 

Dalam amanahnya, Kapolres menekankan bahwa apel ini merupakan kesiapan anggota dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024. “Rekan-rekan segera mengecek di TPS yang menjadi tanggung jawab anggota. Kenali Tokoh dan Tomas serta melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan yang akan terjadi menjelang dan setelah pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” cetusnya. 

Untuk kekuatan tambahan di setiap TPS juga ada Linmas dan anggota TNI. Sehingga petugas Polri segera melaksanakan koordinasi serta memahami betul apa yang menjadi tugasnya. “Yang tak kalah peting, pastikan alternatif TPS harus ada, H-1 TPS agar dicek apa sudah disiapkan TPS nya. Untuk jajaran Intelkam melaksanakan deteksi terhadap setiap potensi kerawanan yang akan terjadi. Sehingga di Polres Pasuruan ini benar-benar dilaksanakan tahapan masa tenang,” cetusnya. 

Usai apel digelar, Kapolres juga melakukan pengecekan kelengkapan personel PAM didampingi para PJU. Setelah itu, dilakukan pengecekan personel dan kelengkapan personel pada saat pelaksanaan pengamanan di TPS oleh Kapolres Pasuruan beserta PJU Polres Pasuruan. (mh)

Sumber: