Jatim Serentak Bersihkan APK di Hari Tenang

Jatim Serentak Bersihkan APK di Hari Tenang

Penertiban APK oleh KPU Jatim, Bawaslu, Sarpol PP dibantu Polda Jatim di pertigaan Wonokromo.--

SURABAYA, MEMORANDUM - KPU Jawa Timur mengandeng Bawaslu Jatim, kepolisian, Satpol PP, partai politik, tim sukses capres-cawapres, DPD, melakukan pembersihan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang. Pembersihan ini dilakukan Minggu 11 Pebruari 2024 pukul 00.00.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan, pembersihan APK sebagaimana amanah Undang-Undang Pemilu begitu memasuki hari tenang. Pembersihan ini, dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Jawa Timur. “Pembersihan APK dilaksanakan serentak,” kata Choirul Anam.

Ketua KPU Jatim mengakui, kegiatan kepiluan menjelang hari pemungutan sangat padat. “Kami sangat padat kegiatan kita. Secara serentak mengeser logistik pemilu dari gudang KPU ke TPS,” terang Choirul Anam.

Termasuk ke wilayah terluar, terjauh dan tersukit (3T) di wilayah Jawa Timur. “Kendala tidak hanya itu,” terang Choirul Anam.

BACA JUGA:Masa Tenang, Satpol PP Surabaya Turunkan APK Serentak

Proses pengiriman logistikndi wilayah 3 T dilakukan lebih awal untuk menghadapi hari pemungutan suara. 

Komisioner KPU Jatim Devisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro menyebutkan, kehadirian semua pihak kepentingannya adalah  samakan pemahaman terhadap penertiban di masa tenang. Sehingga pelaksanaan teknis selama masa tenang dilapangan bisa lancar. 

Gogot menyampaikan, karena itu semua peserta pemilu sudah tidak diperbolehkan kampanye dalam bentuk rapat umum. Begitu  memasuki masa tenang. “Kewajiban membersihkan APK ada di peserta pemilu. Kami dari KPU, Bawaslu, dan Polda serta Pol PP memfasilitasi,” tegas Gogot.

Kami meminta peserta pemilu untuk menyediakan fasilitas pembersihan APK. Agar peserta pemilu juga bisa melakukan pembersihan APK mereka sendiri.(day)

Sumber: