Simak 10 Tips Ini Ketika Meninggalkan Rumah saat Libur Panjang

Simak 10 Tips Ini Ketika Meninggalkan Rumah saat Libur Panjang

Ilustrasi membersihkan rumah sebelum bepergian.--

MEMORANDUM - Libur panjang sudah semakin dekat. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga semuanya tetap berjalan lancar, aman, dan nyaman. Sehingga kita bisa menikmati waktu libur itu bersama keluarga tercinta.

Salah satunya meninggalkan rumah yang selama ini ditempati dalam waktu lama. Di, mana, setelah kita kembali pulang ke rumah, sesuatu hal l yang tidak kita inginkan tidak akan terjadi.

Ini 10 tips yang harus dilakukan sebelum kita berpergian meninggalkan rumah dalam waktu panjang:

1. Pastikan semua pintu dan jendela tertutup dengan baik untuk menjaga keamanan rumah Anda.

2. Matikan semua peralatan listrik dan elektronik yang tidak perlu agar menghemat energi dan mencegah risiko kebakaran.

3. Beri tahu tetangga atau teman tepercaya jika Anda akan pergi untuk meminta mereka menjaga rumah atau memberi tahu jika ada kejadian mencurigakan.

4. Matikan suplai air dan pastikan tidak ada keran yang bocor untuk menghindari risiko kebocoran air yang tidak terkendali.

5. Sisihkan makanan yang mudah rusak atau yang akan kedaluwarsa sebelum Anda pergi untuk menghindari pembusukan.

6. Jangan meninggalkan barang berharga secara terbuka. Simpan barang berharga Anda dengan aman atau gunakan brankas jika memungkinkan.

7. Gantilah lampu dalam rumah dengan lampu otomatis atau timer untuk memberikan kesan bahwa rumah Anda tidak kosong.

8. Pastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi baik jika Anda meninggalkannya di rumah. Periksa ban, oli, dan segala sesuatu yang diperlukan.

9. Siapkan daftar keperluan yang perlu Anda bawa dan pastikan membawa dokumen penting seperti kartu identitas, uang, dan kartu kredit.

10. Periksa kembali apakah Anda sudah mematikan semua peralatan gas seperti kompor dan oven untuk keamanan tambahan.(*/mik)

Sumber: