Inilah 5 Makanan Sumber Protein Hewani yang Dapat Dikonsumsi

Inilah 5 Makanan Sumber Protein Hewani yang Dapat Dikonsumsi

Protein--

SURABAYA, MEMORANDUM - Protein hewani merupakan salah satu jenis protein yang dibutuhkan tubuh. Ini karena asupan protein hewani dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Selain itu, jenis protein ini juga bermanfaat untuk memperbaiki serta memelihara jaringan tubuh.

Seperti namanya, protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan, seperti ikan, ayam, sapi, atau kambing. Namun, jika tidak mengonsumsi daging hewan atau sedang menerapkan pola diet vegetarian, Anda tetap bisa mendapatkan asupan protein hewani dari sumber makanan lain, seperti susu atau telur.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewatkan Berikut Ini 7 Manfaat Labu untuk Kesehatan Tubuh

Daftar Makanan Sumber Protein Hewani dan Manfaatnya

1. Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak merupakan makanan sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, daging tanpa lemak juga rendah kalori serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, niasin, dan selenium.

2. Telur
Dibandingkan dengan jenis protein hewani lainnya, telur merupakan salah satu makanan yang mudah untuk diperoleh dan harganya terjangkau. Selain itu, telur diketahui menjadi salah satu makanan sumber protein hewani terbaik, terlebih di bagian putihnya.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Beragam Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan Tubuh

3. Susu dan produk olahannya
Tidak hanya sebagai makanan sumber protein hewani, susu dan produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt, juga mengandung kalsium dan vitamin D. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat serta mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Ikan
Makanan yang menjadi sumber protein hewani selanjutnya adalah ikan. Selain protein, ikan juga diketahui kaya akan berbagai nutrisi, mulai dari vitamin B12, vitamin D, zat besi, fosfor, dan omega-3.

5. Makanan laut
Tidak hanya ikan, beberapa jenis makanan laut lain, seperti udang, juga mengandung protein yang tinggi. Bahkan, udang juga diketahui memiliki kandungan astaxanthin, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan di tubuh.

Sumber: