Berikut Ini 5 Tanda-Tanda Hamil Muda yang Kerap Diabaikan

Berikut Ini 5 Tanda-Tanda Hamil Muda yang Kerap Diabaikan

Ibu hamil--

SURABAYA, MEMORANDUM - Cara termudah dan tercepat untuk mengetahui kehamilan adalah dengan menggunakan tespack. Namun, sebenarnya ada banyak tanda-tanda hamil muda yang bisa diperhatikan.

BACA JUGA:Penyebab Susah Tidur Saat Hamil Trimester Pertama dan 9 Cara Mengatasinya

Tanda-Tanda Hamil Muda yang Bisa Dikenali

1. Kram perut dan keluar flek
Dari minggu 1 hingga 4, sel telur yang dibuahi menciptakan blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh janin.

Sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, blastokista akan berimplantasi di endometrium atau lapisan rahim. Ini dapat menyebabkan kram perut mirip menstruasi dan pendarahan implantasi, yang mungkin disalahartikan sebagai flek biasa.

2. Peningkatan suhu tubuh
Suhu tubuh basal yang lebih tinggi mungkin merupakan tanda-tanda hamil muda. Suhu inti tubuh juga dapat meningkat lebih mudah saat olahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, pastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:Jangan Diragukan Lagi, Berikut Beragam Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil

3. Kelelahan
Kelelahan dapat berkembang kapan saja selama kehamilan. Gejala ini biasa terjadi pada awal kehamilan. Tingkat progesteron akan melonjak, yang dapat membuat kamu merasa mengantuk. Minggu-minggu awal kehamilan bisa membuat kamu merasa lelah. Cobalah untuk cukup tidur setiap harinya.

4. Perubahan suasana hati
Tingkat estrogen dan progesteron akan tinggi selama kehamilan. Peningkatan ini dapat memengaruhi suasana hati dan membuat kamu lebih emosional atau reaktif dari biasanya.

5. Morning sickness
Mual dan morning sickness biasanya berkembang sekitar minggu ke 4 sampai 6 dan memuncak sekitar minggu ke 9. Meski disebut morning sickness, gejalanya bisa terjadi kapan saja di siang atau malam hari.

Tidak jelas persis apa yang menyebabkan mual dan mual di pagi hari, tetapi hormon mungkin berperan. Selama trimester pertama kehamilan, banyak wanita mengalami morning sickness ringan hingga berat.

Sumber: