Inilah 7 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Inilah 7 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kolagen merupakan protein yang terdapat di dalam kulit, tulang, tendon, otot, dan ligamen. Tubuh sebenarnya dapat memproduksi kolagen secara alami. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh akan menurun.

Hal ini membuat Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen karena protein ini diperlukan untuk berbagai macam fungsi tubuh, seperti menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, meningkatkan massa otot, mencegah pengeroposan tulang, dan memelihara kesehatan jantung.

BACA JUGA:6 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Makanan yang Mengandung Kolagen

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Ini karena tulang memiliki jaringan ikat yang ketika direbus dapat menghasilkan kolagen dan nutrisi lainnya, seperti asam amino, magnesium, dan fosfor.

Namun, banyaknya kandungan kolagen pada tiap kaldu tulang akan berbeda tergantung pada kualitas dari tulang yang direbus. Jenis tulang yang bisa menghasilkan kolagen, yaitu tulang sapi, tulang kambing, tulang ayam kalkun, dan tulang ayam.

2. Ayam

Produksi kolagen bisa meningkat jika Anda mengonsumsi daging ayam. Pasalnya, daging ayam tinggi akan kandungan protein dan asam amino, yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen. Bagian daging ayam yang mengandung kolagen tinggi, yaitu kaki atau ceker, leher, dan tulang rawan.

BACA JUGA:Waspada, Bumbu Indomie Ditemukan Mengandung Zat Pemicu Kanker

3. Ikan

Untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi ikan beserta kulitnya. Alasannya, ikan mengandung prolin dan kulitnya mengandung glisin. Kedua kandungan tersebut diperlukan untuk menghasilkan kolagen.

Selain kolagen, ikan juga tinggi akan kandungan omega 3 dan vitamin D sehingga konsumsinya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

4. Brokoli

Sumber: