Inilah 7 Manfaat Kerang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah 7 Manfaat Kerang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

masakan kerang--

SURABAYA, MEMORANDUM - Manfaat kerang untuk kesehatan bisa diperoleh dari kandungan proteinnya yang tinggi serta vitamin dan mineral. Konsumsi kerang bisa membantu mencegah beberapa penyakit, seperti anemia dan dan penyakit jantung. Meski begitu, kerang harus diolah dengan benar agar tetap aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Karena kerang dianggap berbahaya jika sering dikonsumsi karena diyakini mengandung banyak logam berat dan kolesterol. 

BACA JUGA:Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Beragam Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah anemia

Anemia bisa disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Padahal, zat besi diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah merah agar darah bisa mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Asupan zat besi tidak hanya bisa didapatkan dari suplemen, tetapi juga dari makanan, salah satunya kerang. Berkat zat besi yang tinggi di dalamnya, manfaat kerang pun bisa diperoleh untuk mencegah anemia.

2. Menurunkan berat badan

Kerang bisa digunakan sebagai sumber protein saat ingin menurunkan berat badan. Makanan tinggi protein, seperti kerang, akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Jadi, Anda bisa menahan untuk tidak ngemil terlalu banyak.

Selain itu, protein tinggi dari kerang dapat membuat metabolisme tubuh meningkat, sehingga lebih banyak membakar kalori dan lemak. Dengan begitu, berat badan bisa turun lebih mudah. Bahkan, diet sehat dengan berbagai makanan bergizi, termasuk makanan tinggi protein, bisa membantu mencegah obesitas.

BACA JUGA:Ingin Masak Tapi Malas Ribet? Simak 3 Resep Masakan Simpel Ini!

3. Membentuk otot

Manfaat kerang untuk pembentukan otot masih berasal dari kandungan protein. Hal ini karena protein berfungsi untuk membentuk dan menguatkan otot. Supaya dapat membentuk otot dengan maksimal, konsumsi makanan tinggi protein harus dibarengi dengan latihan fisik, seperti angkat beban, secara rutin minimal 30 menit setiap hari.

4. Menguatkan daya tahan tubuh

Sumber: