Manfaat Hati Sapi dan Ketahui Risikonya Sebelum Mengonsumsinya

Manfaat Hati Sapi dan Ketahui Risikonya Sebelum Mengonsumsinya

masakan hati sapi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Risiko dan manfaat hati sapi perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsinya. Hal ini karena hati sapi merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, tetapi mengandung banyak kolesterol.

Kendati hati sapi mengandung sejumlah nutrisi penting, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebih. Tingginya kadar purin dan kolesterol di dalamnya merupakan beberapa contoh risiko mengonsumsi hati sapi yang perlu dipertimbangkan.

BACA JUGA:Kronologi Warga Gunungkidul Konsumsi Sapi Terpapar Antraks, Sebabkan 3 Warga Meninggal

Risiko Mengonsumsi Hati Sapi

1. Serangan jantung

Hati adalah organ yang memproduksi sekaligus menyimpan kolesterol. Jadi, tidak mengherankan jika kolesterol paling banyak ditemukan dalam organ hati.

2. Gagal jantung

Mengonsumsi hati sapi secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal jantung. Sumbatan plak pada pembuluh darah akan membuat jantung harus bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:15 Manfaat Mengonsumsi Susu Sapi Bagi Kesehatan

3. Stroke

Selain serangan jantung dan gagal jantung, konsumsi makanan tinggi kolestrol seperti hati sapi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke. Hal ini terjadi karena adanya penurunan pasokan darah ke otak akibat pembuluh darah yang tersumbat oleh plak, sehingga terjadilah stroke.

4. Penyakit asam urat

Seperti telah disinggung sebelumnya, hati sapi adalah makanan tinggi purin. Asam urat terbentuk dari proses penguraian zat purin yang terdapat dalam hati sapi.

BACA JUGA:HDCI Jatim dan Surabaya Kurban 10 Sapi dan 3 Ekor Kambing

Sumber: