Waspadai! Inilah 6 Gangguan Kesehatan Bagi Anda yang Gemar Minum Soda

Waspadai! Inilah 6 Gangguan Kesehatan Bagi Anda yang Gemar Minum Soda

minuman soda--

SURABAYA, MEMORANDUM - Minuman bersoda memang menjadi incaran untuk melepas dahaga di tengah cuaca panas.

Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, jenis minuman ini dapat memicu kelebihan berat badan dan berbagai masalah kesehatan lain akibat kandungan di dalamnya.

BACA JUGA:Jarang Disadari, Inilah 5 Minuman Tinggi Kalori

Berikut Berbagai Masalah Kesehatan yang Disebabkan Minuman Bersoda

1. Stroke dan serangan jantung

Hal ini diduga terjadi karena kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda memiliki kaitan dengan peningkatan kolesterol, resistensi insulin, dan peradangan.

2. Obesitas

Minuman bersoda merupakan salah satu penyebab obesitas, terutama apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Tingginya gula di dalam minuman bersoda tersebut diketahui dapat mengakibatkan penumpukan lemak hingga menyebabkan obesitas.

BACA JUGA:Unesco Akui Jamu Warisan Budaya, Guru Besar Unair: Jangan Ragu Minum Jamu

3. Diabetes

Efek minuman bersoda yang satu ini tidak baik untuk penderita diabetes. Gula dan kalori yang sangat tinggi ditambah tidak adanya asupan nutrisi penting lain di dalam minuman bersoda dianggap dapat meningkatkan risiko komplikasi dan masalah kesehatan terkait diabetes. Itulah alasannya mengapa minuman bersoda termasuk minuman yang dilarang untuk penderita diabetes.

4. Osteoporosis

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan asam fosfat dan kafein pada minuman bersoda bisa menyebabkan kurangnya penyerapan kalsium untuk tulang. Akibatnya, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

BACA JUGA:Minum Air Es Bikin Gemuk, Benarkah? Cek Faktanya Berikut Ini

Sumber: