Angin Puting Beliung Terjang Sidoarjo, 1 Tewas Tertimpa Atap

Angin Puting Beliung Terjang Sidoarjo, 1 Tewas Tertimpa Atap

Angin puting beliung menerjang Sidoarjo, Minggo sore-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Angin puting beliung menyapu permukiman warga di Prambon, SIDOARJO, Jawa Timur. Akibatnya, puluhan rumah porak poranda, dan sejumlah pohon tumbang.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu 04 Februari 2024 sore, tepatnya di Desa Kedungwonokerto, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Satu orang yang diketahui bernama Siti Romlah meninggal dunia dalam peristiwa itu akibat tertimpa atap rumah, dan puluhan orang lainnya mengalami luka - luka akibat terkena material yang berterbangan.

Muhammad Yusuf, warga sekitar menuturkan, awal kejadian itu bermula saat angin muncul ke pemukiman warga dari arah barat daya desa. Awalnya angin tersebut tidak terlalu kencang, tidak lama kemudian angin tiba - tiba kencang, hingga warga sekitar tidak ada yang berani keluar rumah.

"Saya keluar sendiri dari rumah, angin tambah kencang dan saya berdoa kepada Tuhan supaya angin lewat di atas tidak sampai ke bawah, ternyata angin semakin kencang," ujar Yusuf.

BACA JUGA:Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Warga

Ia mengatakan, setelah melihat angin semakin kencang, lalu datang lagi angin yang lebih kencang dari arah timur. Angin tersebut kemudian berputar membentuk pusaran dan menyapu permukiman warga.

"Orang - orang yang tahlilan di musala pada kabur semua untuk menyelamatkan diri, karena kondisi musala atapnya juga hancur," ungkap Yusuf.

Warga lainnya, Sugianto juga menceritakan, saat angin puting beliung menerjang permukiman warga, ia sedang berada di depan rumahnya dan kondisi pemukiman cukup menegangkan. Angin puting beliung tidak hanya menerjang permukiman, sejumlah pohon tumbang dan ranting - ranting berterbangan.

"Atap rumah warga banyak yang roboh, daun - daun dan ranting pada naik ke atas," kata Sugianto.

BACA JUGA:Cuaca Buruk, Longsor dan Puting Beliung Hantui Warga Tulungagung

Sementara itu, hingga Minggu malam pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo dan pemerintah desa setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah korban dan rumah yang mengalami kerusakan. Serta membantu warga melakukan evakuasi puing - puing material yang berserakan dan membersihkan pohon tumbang yang menutup bahu jalan. 

Warga lain menambahkan, angin puting beliung Minggu sore juga menerjang sejumlah desa di Krian. Namun tidak ada korban jiwa. Mayoritas rumah warga porak-poranda dan sejumlah warga mengalami luka-luka.(met/jok)

Sumber: