Penyu Langka Ditemukan Warga di THP Kenjeran

Penyu Langka Ditemukan Warga di THP Kenjeran

Petugas mengevakuasi penyu hijau. -Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Petugas gabungan melakukan evakuasi seekor penyu langka yang ditemukan warga di sekitar pintu air THP Kenjeran pada Minggu siang 4 Februari 2024.

Kabid Darlog BPBD Linmas Surabaya, Buyung Hidayat, menjelaskan bahwa awalnya Polsek Kenjeran menerima laporan dari warga yang menemukan penyu hijau. Laporan tersebut kemudian diteruskan ke Command Center 112 untuk dilakukan pengecekan.

"Laporan penemuan penyu tersebut diterima Command Center 112 sekitar pukul 13.42 WIB. Penyu jenis Chelonia Mydas ini ditemukan oleh warga di area pintu air THP Kenjeran," jelasnya. 

Setelah dievakuasi penyu tersebut dibawa ke Polsek Kenjeran dengan dibantu oleh posko terpadu Kedung Cowek. Selanjutnya, penyu tersebut dibawa ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:THP Kenjeran Ditata Ulang, Pemkot Surabaya Siapkan Pertunjukan Laser Show dan Video Mapping

"Penyu tersebut sementara akan diperiksa kesehatannya oleh tim medis dan akan direhabilitasi untuk kemudian akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya, " jelasnya. 

Penyu hijau termasuk kategori hewan yang dilindungi dan terancam punah. Diketahui penyu hijau adalah jenis penyu laut yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. 

Oleh karena itu penemuan penyu langka ini merupakan pengingat untuk menjaga kelestarian alam dan melindungi hewan-hewan yang terancam punah.(alf)

Sumber: