Viral Video Kades di Ngawi Dukung Capres 02

Viral Video Kades di Ngawi Dukung Capres 02

Tampilan video yang viral beredar di medsos mencatut Kades Sambiroto, Kecamatan Padas yang kini ramai jadi bahan perbincangan warga.-Biro Madiun-

NGAWI, MEMORANDUM - Viral video di media sosial, seorang Kepala Desa di Kabupaten NGAWI mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. 

Dalam video itu, Kepala Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Sri Mulyono mengatakan, "Assalamualaikum saya Sri Mulyono Kades Sambiroto beserta perangkat desa Sambiroto mendukung pasangan 02 menang Pilpres satu putaran Yes". 

Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono saat dikonfirmasi mengakui jika yang beredar dalam video viral di medsos tersebut memang dirinya dan perangkatnya. Namun demikian, pihaknya merasa tidak membuat video tersebut. 

"Iya mas yang di video tersebut adalah saya dan perangkat desa saya," katanya. 

BACA JUGA:Bawaslu Ngawi Ancam Sanksi Perusahaan Tak Liburkan Karyawan Saat Pencoblosan

Dia menambahkan, dengan beredarnya video tersebut pihaknya akan bisa menuntut kepada orang yang membuat akun tik tok tersebut karena kenyataannya tidak seperti itu. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Ngawi, Yohanes Pradana Vidya Kudanarko menyampaikan, saat ini masih belum ada laporan masuk dari masyarakat maupun kelompok masyarakat akan tetapi kami juga mencermati beberapa informasi yang beredar dimasyarakat. 

"Kami masih menunggu apabila ada laporan dari masyarakat ataupun kelompok masyarakat," katanya. 

Yohanes menyampaikan, Bawaslu akan mencari dan mencermati video viral di masyarakat tersebut. Berdasarkan undang - undang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pemilu bahwa kepala desa dan perangkat desa dilarang untuk terlibat dan ikut serta dalam kampanye dan bagian dari tim kampanye atau sebagai pelaksana kampanye. 

Sejauh ini, untuk mekanisme proses penanganan pelanggaran ada dua mekanisme yakni laporan masyarakat dan mekanisme temuan Bawaslu. "Kami masih mengumpulkan informasi awal dan bukti - bukti," tandasnya.(ars/ika)

Sumber: