Mantapkan Skill dan Tanamkan Jiwa Sigap Tanggap, KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Gelar Diklatsar Ke-10

Mantapkan Skill dan Tanamkan Jiwa Sigap Tanggap, KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Gelar Diklatsar Ke-10

Para peserta Diklatsar ke X KSR PMI Unit UIN KHAS Jember-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit UIN KHAS Jember menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke-10, Kamis 1 Februari 2024. Kegiatan yang mengusung tema Menanamkan Jiwa Kerelawanan pada Generasi yang Siap, Sigap, Tanggap ini diikuti oleh 42 mahasiswa aktif UIN KHAS Jember yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan.

Diklatsar yang berlangsung selama 17 hari ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu diklat ruangan (2-8 Februari 2024) dan diklat lapangan (16-18 Februari 2024). Pada tahap diklat ruangan, peserta akan mendapatkan materi teori tentang kepalangmerahan, seperti sejarah, prinsip, dan kode etik Palang Merah. Sementara pada tahap diklat lapangan, peserta akan dilatih praktik pertolongan pertama, penanganan bencana, dan manajemen lapangan.

Vika Maulida, Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember, mengatakan bahwa Diklatsar ini merupakan langkah awal dalam menanamkan Jiwa kerelawanan pada calon anggota baru.

"Saya yakin calon anggota baru yang mengikuti Diklatsar ini memiliki tekad yang kuat untuk mengabdikan diri di masyarakat melalui Palang Merah Indonesia dengan menjadi relawan," ujarnya, Kamis 1 Februari 2024.

BACA JUGA:Sambut Tahun 2024, Ketua PMI Jember Pimpin Apel Gabungan dan Tanam Pohon

Sementara itu, Elvana Kusdijanto, Pembina KSR PMI Unit UIN KHAS Jember, mengatakan bahwa Diklatsar ini tidak hanya mengajarkan kerelawanan yang modal nekat, tetapi juga mengajarkan peserta untuk menjadi manajer di lapangan.

"Selama 67 jam, peserta akan digembleng berbagai materi kepalangmerahan. Tolong materi Diklatsar dipahami karena ilmu KSR PMI ini sangat penting untuk dipraktekkan di lingkungan Anda nanti," pungkasnya.

Pada Opening Ceremony Diklatsar, Elvana Kusdijanto juga menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta.(edy)

Sumber: