Sinergitas TNI-Polri Selamatkan Paus Sirip di Pantai Jangkar Situbondo

Sinergitas TNI-Polri Selamatkan Paus Sirip di Pantai Jangkar Situbondo

Satpolairud Polres Situbondo menyelamatkan paus sirip di Pantai Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo. -Biro Situbondo-

SITUBONDO, MEMORANDUM - Tim Gabungan Satpolairud Polres Situbondo bersama TNI AL Pos Jangkar dan masyarakat berhasil menyelamatkan paus sirip yang merupakan salah satu satwa yang dilindungi. 

Paus Sirip yang diperkirakan berusia muda dengan ukuran kurang lebih 2,5 meter dilaporkan terdampar di Pantai Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Rabu, 31 Januari 2024, sekitar pukul 14.30 WIB. 

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Sapu Bersih Sampah Laut

Mendapat laporan tersebut, Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa langsung bergerak cepat bersama anggota Satpolairud, anggota TNI AL Pos Jangkar dan juga masyarakat membantu mengevakuasi paus sirip yang terdampar di pasir pantai atau di bibir pantai Desa Jangkar. 

BACA JUGA:Kapolres Situbondo Cek Kesiapsiagaan dan Respon Cepat Personel Antisipasi Kejadian Menonjol

"Awalnya paus yang terdampar tersebut dikira lumba-lumba dan posisinya sudah di pasir pantai atau di bibir pantai. Beberapa masyarakat ragu-ragu untuk mendekat dan kelihatan ketakutan, selanjutnya salah satu masyarakat menghubungi anggota Satpolairud yang sedang bertugas di Pelabuhan Jangkar. Dari laporan itulah Kami (TNI-Polri dan masyarakat) langsung bergerak untuk menyelamatkan paus tersebut," terang AKP Gede Sukarmadiyasa. 

BACA JUGA:Pastikan Kesiapan Pemilu 2024, Kapolres Situbondo bersama Forkopimda Tinjau Gudang Logistik KPU

Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa menyebut kemungkinan penyebab paus sirip berukuran besar tersebut bisa terdampar akibat pengaruh arus yang besar sehingga menyebabkan paus terbawa arus hingga ke pantai.

BACA JUGA:Polres Situbondo Berhasil Ungkap Peredaran Okerbaya, Ratusan Butir Pil Trex dan Detro

Sebelum melakukan evakuasi, personel TNI Polri mengikat paus dengan kain kemudian bersama-sama dengan masyarakat ditarik dan didorong ke tengah laut sampai di kedalaman serta oleh anggota dimonitor terus sampai tidak terlihat siripnya di permukaan. 

BACA JUGA:Pimpin Apel Pagi, Kapolres Situbondo Kembali Tekankan Netralitas dalam Pemilu

"Terlambat beberapa jam saja tidak dievakuasi, paus sirip tersebut dikhawatirkan akan mati karena saat ditemukan oleh nelayan kondisi perutnya sudah memerah akibat tergesek dengan pasir," terangnya. 

BACA JUGA:Kapolres Situbondo Gelar Patroli Jalur Pantura dan Cek Lokasi Wisata Pantai Pasir Putih

Sementara itu, di tempat terpisah, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto SH SIK MH memberikan apresiasi kepada personel Satpolairud, TNI AL dan masyarakat nelayan yang telah berhasil menyelamatkan paus sirip yang terdampar di Pantai Jangkar. 

Sumber: