Background Propam dan Satlantas, AKBP Teddy Chandra Resmi Menjabat Kapolres Pasuruan

Background Propam dan Satlantas, AKBP Teddy Chandra Resmi Menjabat Kapolres Pasuruan

Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto saat memberikan ucapan selamat kepada Kapolres Pasuruan yang baru AKBP Teddy Chandra-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Tampuk kepemimpinan di tubuh Polres Pasuruan resmi berganti. Hal ini setelah Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) secara langsung di Mapolda Jawa Timur pada Rabu, 31 Januari 2024.

Acara sertijab berlangsung khidmat. Kapolres Pasuruan yang baru, AKBP Teddy Chandra SIK, MSi resmi menggantikan AKBP Bayu Pratama Gubunagi SH SIK MSI. AKBP Bayu memegang jabatan baru sebagai Kapolres Jember menggantikan AKBP Moh Nurhidayat SH, SIK, MM, yang kini menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jatim.

Rotasi jabatan didasarkan Telegram Kapolri nomor ST 171 / I / KEP./2024 tertanggal 23 Januari 2024. AKBP Teddy Chandra sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kediri Kota.

Sementara Jabatan Kapolres Pasuruan yang ditinggalkan AKBP Bayu Pratama, diisi oleh AKBP Teddy Chandra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kediri Kota.

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Silaturahmi ke Ulama, Ketua MUI: Tolak Kampanye Hitam

Lalu jabatan Kapolres Kediri Kota diduduki AKBP Bramastyo Priaji yang sebelumnya bertindak sebagai Koordintar Staf Pribadi Pimpinan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

"Selamat datang, selamat bertugas di Polda Jatim, semoga dapat memimpin secara visioner, Arif dan bijak serta humanis," kata Kapolda dihadapan para pejabat baru dan undangan yang hadir.

Dalam sambutannya Kapolda menyatakan sertijab tiga Kapolres jajaran dan Koorspripim Polda Jatim tersebut kembali menegaskan bahwa mutasi personel merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan organisasi Polri. la menyebut mutasi jabatan merupakan bentuk penyegaran di institusi kepolisian dan juga dilaksanakan dalam rangka pembinaan karir sebagai anggota Polri.

“Pada dasarnya mutasi adalah hal yang biasa di lingkup Polri sebagai bentuk penyegaran organisasi,” cetusnya.

BACA JUGA:Karyawan Perusahaan Curhat ke Kapolres Pasuruan

Lantas siapa sosok AKBP Teddy Chandra? Ya, Kapolres Pasuruan yang baru ini lahir di Tanjung Karang Jawa Barat pada 23 April 1978. Ia merupakan lulusan Akpol tahun 2002.  Kiprah Teddy di kepolisian berawal ketika bertugas di Polda Sulawesi utara (Sulut) selepas lulus Akpol.

Di Sulut, Teddy pernah merasakan bertugas di Polres Minahasa, Polres Minahasa Selatan, dan Polres Talaud, yang lokasinya di ujung Pulau Sulawesi. Setelah itu, pada 2009 bertugas di Polda Papua. Lamanya sepuluh tahun. Kemudian Berpindah-pindah. Mulai di Polres Timika, Polres Yapen, Polres Jayapura, hingga di Polda Jayapura.

Karir kepolisiannya kemudian berpindah ke wilayah Jawa Timur. Teddy menjadi Pamen di Polda Jatim. Pada 2019 sebagai Kasubbioprovos Bidpropam Polda Jatim selama 2 bulan lebih. Setelah itu, pada September akhir, ia ditugaskan sebagai Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim hingga akhir Juni 2022. Dan kemudian berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST / XII / Kep./ 2777 / 2022 tanggal 23 Desember 2022, dalam rangka promosi jabatan AKBP Teddy Chandra S.IK, M.Si ditugaskan menjabat sebagai Kapolres Kediri Kota menggantikan AKBP Wahyudi, S.IK, MH. Namun, tercatat sejak 18 Januari 2023, AKBP Teddy Chandra resmi menjabat sebagai Kapolres Kediri Kota.

Jika dilihat backgroundnya, AKBP Teddy Chandra banyak bertgas di wilayah Indonesia Timur. Mulai daerah Sulawesi, Papua dan juga Jawa Timur. Background penugasannya pun pernah mengenyam di Bidang Propam dan juga Satuan Lalu Lintas. Kini! Selamat Datang dan selamat bertugas AKBP Teddy Chandra di bumi Polres Pasuruan.(mh)

Sumber: