Suroboyo Bus, Minim Armada dan Trayek : Hanya Layani 2 Rute

Suroboyo Bus, Minim Armada dan Trayek : Hanya Layani 2 Rute

Opening halaman Metropolis Koran Memorandum--

SURABAYA, MEMORANDUM - Beroperasinya Suroboyo Bus disambut suka cita warga kota untuk mendapatkan transportasi massal yang representatif.

Sayangnya, jumlah dan rute bus milik Pemkot Surabaya ini terbatas  sehingga mengganggu mobilitas warga.

Kondisi ini ditambah dengan tidak beroperasinya bus swasta dan bus Damri sehingga beberapa rute kosong.

Rudi, warga Malang ini tampak kebingungan Ketika hendak ke Pelabuhan Tanjung Perak. Sebab, di Terminal Purabaya sudah tidak ada lagi bus menuju Tanjung Perak.

Ia disarankan penumpang lain untuk naik Suroboyo Bus dan turun di Jalan Rajawali. Dari situ disuruh mencari taksi online untuk melanjutkan ke tempat tujuan.

“Dulu kan ada bus jurusan ke Pelabuhan Tanjung Perak, namun sekarang tidak ada. Seharusnya rute-rute menuju ke pelabuhan atau terminal, tetap ada. Sebab, masih banyak penumpang yang membutuhkan angkutan jurusan tersebut,” ungkap lelaki ini.

Apa yang dikeluhkan Rudi, juga keluhkan warga lainnya. Sebab, untuk mendapatkan bus seperti dulu dengan banyak jurusan sudah jarang ada, bahkan sudah tidak ada.

Di antarannya jurusan ke Pelabuhan Tanjung Perak dan juga ke Terminal Tambak Osowilangon dari Terminal Purabaya.

Kalau pun ada Suroboyo Bus menuju ke Terminal Tambak Osowilangon itu berangkatnya dari Univeritas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan. Tentu hal ini dinilai tidak tepat. Apalagi selama ini, beroperasinya Suroboyo Bus di sana ternyata sepi peminatnya.

Sedangkan Suroboyo Bus jurusan Terminal Purabaya-Rajawali terbilang cukup ramai. Apalagi saat jam kerja dan pulang kerja. Penumpang pun harus berdiri dan berdesakan karena penuh. Tentu armadanya harus ada penambahan.

Menanggapi hal tersebut Kasi Angkutan Jalan dan Penumpang Dishub Surabaya Ali Mustofa menyampaikan bahwa ada peningkatan jumlah penumpang Suroboyo bus.

"Untuk berapa persennya saya lihat data dulu. Yang jelas memang ada kenaikan jumlah penumpang. Hal itu bisa dilihat dari nilai pendapatannya yang meningkat," kata Ali Mustofa.

Meski sudah mulai banyak masyarakat yang beralih dari penggunaan motor pribadi ke transportasi umum Suroboyo Bus, namun menurut Ali Mustofa belum ada rencana penambahan transportasi bus umum modern yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya ini.

BACA JUGA:Armada Suroboyo Bus Layani Rute Romokalisari Adventure Land Setiap Akhir Pekan

Sumber: