PGRI Deklarasikan Netralitas ASN Guru Kabupaten Pasuruan

PGRI Deklarasikan Netralitas ASN Guru Kabupaten Pasuruan

Pembacaan deklarasi netralitas ASN PGRI Kabupaten Pasuruan.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 sudah semakin dekat. Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilu 2024 kembali dipertanyakan. Salah satunya disuarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Pasuruan yang memiliki anggota cukup banyak, netralitasnya dalam pemilu juga dipertanyakan. 

Namun hal ini ditegaskan oleh Mustain, Ketua PGRI Kabupaten Pasuruan. Ia menjelaskan jika PGRI siap untuk netral dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon ataupun calon legislatif manapun. Bahkan, organisasi PGRI yang dinaunginya sudah menyatakan sikap mendeklarasikan untuk menjaga netralitas ASN itu. 

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Silaturahmi ke Ulama, Ketua MUI: Tolak Kampanye Hitam

Dengan puluhan ribu anggotanya yang rata-rata berasal dari guru. PGRI berkomitmen untuk tetap netral dalam Pemilu 2024 sesuai dengan aturan yang berlaku. Pun sanksi tegas menanti jika netralitasnya tidak dijaga. "Kita jaga netralitas anggota kita di PGRI dengan pembacaan deklarasi netralitas ASN. Ini berlaku kepada semua anggota PGRI di Kabupaten Pasuruan," terang Mustain, Senin, 29 Januari 2024.

BACA JUGA:Profil AKBP Teddy Chandra yang Akan Emban Jabatan Baru sebagai Kapolres Pasuruan

Pria yang pernah menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan ini selalu mengingatkan kepada anggotanya untuk bersikap netral dalam pemilu mendatang. Jangan sampai ada ASN dari organisasi PGRI melakukan pelanggaran dengan memihak atau mendukung secara terang-terangan mendukung calon, baik itu calon legislatif maupun calon presiden.

Deklarasi netralitas ASN PGRI Kabupaten Pasuruan sudah dilaksanakan pada Sabtu (27/1) lalu. Mustain menyatakan jika pada saat pembacaan deklarasi netralitas ASN tersebut dihadiri langsung oleh ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasuruan. "Sabtu kemarin pembacaan deklarasi ASN kita laksanakan di kantor PGRI, hadir juga ketua Bawaslu," lanjut pria asal Purwosari ini.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yunianto mengatakan, sikap tegas ketua PGRI tersebut merupakan langkah yang sangat baik. Diharapkan tidak hanya PGRI saja yang bersikap, namun para ASN lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga harus netral pada Pemilu 2024 mendatang.

"Berani tegas dan menggaungkan netralitas pada pemilu mendatang adalah langkah yang tepat. Kita sambut baik sikap dari PGRI ini," ujar Arie Yunianto. (kd/mh)

Sumber: