Timnas Indonesia Tampil Impresif, Tapi Gagal Atasi Australia

Timnas Indonesia Tampil Impresif, Tapi Gagal Atasi Australia

Mimpi Indonesia untuk melaju lebih jauh di Piala Asia 2023 harus terhenti. Meski berjuang maksimal, pasukan Garuda takluk 0-4 dari Australia pada babak 16 besar -PSSI-

MEMORANDUM - Mimpi Indonesia untuk melaju lebih jauh di Piala Asia 2023 harus terhenti. Meski berjuang maksimal, pasukan Garuda takluk 0-4 dari Australia pada babak 16 besar yang digelar di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Minggu 28 Januari 2024.

Indonesia sebenarnya tampil apik sejak awal pertandingan. Skuad Garuda langsung menggebrak pertahanan Australia dan hampir membuka keunggulan melalui sontekan Rafael Struick. Sayangnya, bola masih tipis di atas mistar gawang.

Namun, malapetaka justru datang di menit ke-12. Sebuah bola umpan tarik pemain Australia mengenai Elkan Baggott dan masuk ke gawang sendiri, membuat skor menjadi 1-0 untuk Australia.

Meski tertinggal, Indonesia tak tinggal diam. Yakob Sayuri hampir menyamakan kedudukan melalui tendangan first time kaki kirinya, namun bola melebar tipis. Australia kemudian menambah keunggulan melalui sundulan Martin Boyle pada menit ke-45, membawa skor menjadi 2-0 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA:16 Besar Piala Asia 2023, Indonesia Tertinggal 2-0 atas Australia

Di babak kedua, Indonesia mencoba meningkatkan daya gedor dengan memasukkan Witan Sulaeman. Kedua tim saling bertukar serangan, namun Australia lebih efektif. Craig Goodwin memanfaatkan bola muntah dan melepaskan tembakan kaki kiri yang tak bisa dijangkau Ernando Ari, mengubah skor menjadi 3-0 untuk Australia.

Australia menutup kemenangan mereka melalui gol Harry Souttar pada menit akhir pertandingan. Memanfaatkan tendangan bebas, Souttar dengan mudah menanduk bola ke gawang Indonesia, sekaligus memastikan kemenangan 4-0 untuk Socceroos.

Kekalahan ini membuat Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023. Meski begitu, lolos ke babak 16 besar sudah menjadi sejarah tersendiri bagi skuad Garuda. Terakhir kali Indonesia mencapai fase ini adalah pada tahun 2007 lalu.

Pelatih Shin Tae-yong mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya. "Para pemain sudah berjuang keras. Kami kalah dari tim yang lebih baik. Ini menjadi pengalaman berharga untuk menatap masa depan," ujar Shin Tae-yong.

Australia kini menunggu lawan di perempat final, pemenang antara Arab Saudi dan Korea Selatan. Sementara Indonesia harus pulang dengan kepala tegak, membawa pencapaian bersejarah lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. (*)

 

Sumber: