Tekuk Tottenham, City Melaju ke Putaran Kelima Piala FA

Tekuk Tottenham, City Melaju ke Putaran Kelima Piala FA

Nathan Ake (kiri) penentu kemenangan City.--

Iinggris-Juara Piala FA Manchester City memastikan tempat mereka di putaran kelima melalui  gol Nathan Ake pada menit ke-88 yang memastikan kemenangan 1-0 di Tottenham Hotspur pada Jumat atau Sabtu dinihari, 27 Januari 2024 WIB.

City belum pernah menang di stadion baru Tottenham, atau bahkan mencetak gol dalam lima kunjungan sebelumnya. Namun Ake memasukkan bola dari jarak dekat setelah kiper tuan rumah Guglielmo Vicario menepis tendangan sudut Kevin De Bruyne.

BACA JUGA:City Bertemu Tottenham dan Chelsea melawan Aston Villa di Babak Keempat FA Cup

Spurs memprotes Vicario yang dilanggar oleh bek City Rúben Dias tetapi, setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut disahkan.

BACA JUGA:Kapten ManCity Kevin De Bruyne: Istirahat Lima Bukan karena Cedera Jadi Berkah

Tottenham tidak banyak mengeluh karena mereka menjadi yang terbaik kedua dalam jangka waktu yang lama melawan tim asuhan Pep Guardiola dan nyaris tidak memaksa Stefan Ortega melakukan penyelamatan.

Upaya Nathan Ake mengakhiri penantian panjang Manchester City untuk mencetak gol di stadion baru Tottenham.

"Hari ini kami tampil sangat baik. Semuanya membuat saya senang, dari menit pertama hingga menit ke-95. Kami berusaha mempertahankan gelar dan datang ke sini sulit," kata Guardiola seperti dilansir ESPN.

“Kami menciptakan banyak peluang di setiap pertandingan dan memiliki keberanian dengan atau tanpa bola, jadi saya sangat senang,” katanya.

Rekor Manchester City di Tottenham merupakan suatu anomali mengingat kesuksesan mereka di tempat lain.

Mereka kalah dalam empat pertandingan terakhir Liga Premier di sana tanpa mencetak gol dan juga menderita kekalahan 1-0 di sana di semifinal Liga Champions 2019.

Ketika duel terakhir mencapai menit-menit akhir, upaya dari Bernardo Silva dan De Bruyne membuat City tidak mendapat imbalan atas 101 upaya ke gawang di arena baru Tottenham yang menyambut 9.000 pendukung City yang berkunjung.

Namun saat Vicario tak mampu menahan bola di area ramai di bawah tekanan, Ake menerkam.

City mendominasi babak pertama dengan tendangan Oscar Bobb yang dianulir karena offside, sementara Tottenham, yang biasanya sangat menyerang, terpaksa bertahan mati-matian.

Sumber: