Masih 5 Persen Jemaah Calon Haji yang Melunasi Biaya

Masih 5 Persen Jemaah Calon Haji yang Melunasi Biaya

Pelunasan biaya haji tahun 2024 gelombang pertama yang dibuka sejak tanggal 10 Januari yang lalu ternyata belum banyak diminati. --

PASURUAN, MEMORANDUM-Pelunasan biaya haji tahun 2024 gelombang pertama yang dibuka sejak tanggal 10 Januari yang lalu ternyata belum banyak diminati. Sampai saat ini masih sekitar 5 persen yang sudah melunasi. Dari 298 jemaah, baru 11 orang yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH). Untuk tahap pertama, Pelunasan biaya haji akan dibuka sampai tanggal 12 Februari mendatang.

Ahmad Marzuki, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Pasuruan, menjelaskan untuk tahap II pelunasan biaya haji akan kembali dibuka pada 5 sampai 20 Maret 2024. Diharapkan para calon jamaah haji bisa menyelesaikannya sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Profil AKBP Teddy Chandra yang Akan Emban Jabatan Baru sebagai Kapolres Pasuruan

"Untuk tahap kedua nanti 5 Maret 2024 sampai 15 hari ke depan," jelas Ahmad Marzuki di kantornya, Jumat, 26 Januari. Marzuki juga mengatakan jika para calon jamaah haji sampai saat ini masih sekitar 5 persen dari jumlah  yang sudah melunasinya.

Dan pihaknya masih belum bisa memastikan kendala dari para calon jamaah terkait belum menyelesaikan pelunasan biaya haji di tahun 2024. "Kita masih menunggu informasi dari para calon jamaah yang belum menyelesaikan pelunasan biaya haji. Apakah mereka tidak tahu informasi ataukah ada faktor lainnya," kata Marzuki.

BACA JUGA:Profil AKBP Teddy Chandra yang Akan Emban Jabatan Baru sebagai Kapolres Pasuruan

Dari jumlah 298 orang calon jamaah haji Kota Pasuruan, masih 170 orang yang sudah masuk grup. Itu artinya separo dari jumlah calon jamaah haji sudah mendapatkan informasi terkait dengan waktu untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji tahun 2024 mendatang.

Sisa dari jumlah calon jamaah yang belum mendapatkan informasi terkait waktu untuk melunasi biaya haji, pihak Kementerian Agama Kota Pasuruan akan melakukan pendekatan secara door to door. "Kita rencanakan akan mendatangi rumah calon jamaah haji untuk memberikan penjelasan terkait dengan waktu untuk pelunasan biaya perjalanan haji," lanjut Marzuki.

Sementara itu, Kementerian Agama Kota Pasuruan juga meminta kepada para calon jamaah haji tahun 2024 untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatannya ke puskesmas terdekat. (kd/mh)

Sumber: