HBI Ke-74, Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi

HBI Ke-74, Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi

Mochammad Erfan, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Sampai pesan tertulis Menteri Hukum dan Ham RI, Yasonna H. Laoly, -Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 di rooftop kantor pada Jumat 26 Januari 2024. Upacara ini diikuti oleh seluruh ASN Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim, termasuk para purna bakti.

Upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 ini mengusung tema "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi". Tema ini dipilih sebagai bentuk komitmen Direktorat Jenderal Imigrasi dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan Keimigrasian.

Dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara, Mochammad Erfan, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Ham RI, Yasonna H. Laoly, apresiasi atas kinerja Direktorat Jenderal Imigrasi dalam menghadapi tantangan global.

"Selama 74 tahun berkiprah, Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengalami berbagai tantangan dan pencapaian gemilang. Tidak terelakkan bahwa tantangan di masa mendatang akan semakin kompleks. Namun, dengan tekad dan semangat kebersamaan serta sumber daya manusia berkualitas, saya yakin kita dapat mengatasi setiap hambatan," ujar Erfan.

BACA JUGA:Imigrasi Jember Gandeng Kemenag Cetak Paspor Jemaah Haji 2023

Selain itu, Erfan juga menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Imigrasi atas kontribusinya dalam percepatan perekonomian nasional.

"Pada tahun 2023 penerimaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Direktorat Jenderal Imigrasi mencapai 320%. Capaian realisasi PNPB hingga 31 Desember 2023 adalah 7,6 triliun rupiah, hal ini merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah Direktorat Jenderal Imigrasi," tambah Erfan.

Di akhir sambutannya, Erfan berpesan kepada seluruh ASN di jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memegang teguh tata nilai PASTI dan BerAKHLAK.

"Saya berpesan kepada seluruh insan imigrasi untuk tetap memegang teguh prinsip serta tata nilai PASTI dan BerAKHLAK dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi serta pekerjaan sehari-hari," tutup Erfan.

BACA JUGA:Layanan Jemput Bola Perpanjangan Izin Tinggal Peserta WSL Kantor Imigrasi Jember Diapresiasi Bupati dan Menter

Selain upacara, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim juga melaksanakan kegiatan potong tumpeng sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME. Kegiatan ini turut dihadiri oleh para purna bakti serta seluruh ASN di aula kantor.

Kebersamaan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim di Hari Bhakti Imigrasi ke-74 ini diharapkan mampu menjaga semangat ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsi Keimigrasian sejalan dengan tema "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi". (edy)

Sumber: