Masak Ditinggal Keluar, Dua Rumah di Malang Terbakar

Masak Ditinggal Keluar, Dua Rumah di Malang Terbakar

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Akibat kelalaian saat memasak dengan tungku, akibatnya rumah dan dapur tetangga habis dilalap api, Rabu, 24 Januari 2024. 

Hal itu dialami Raminah (75), warga Kampung Pure, RT 67/RW 24, Dusun Sonotengah, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

BACA JUGA:Semalam Terjadi Dua Kebakaran di Wilayah Kabupaten Malang

Sekitar pukul 13.00 WIB, Raminah masak dengan tungku kayu. Justru saat memasak malah ditinggal keluar rumah. Akibatnya, api menyambar dinding yang terbuat dari kayu bercampur anyaman bambu (gedek).

BACA JUGA:Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Karanglo yang Melanda Tiga Kios

"Rumah dengan ukuran luas 4x 4 meter yang berdinding gedek, dengan cepat api membesar dan membakar habis serta merambat ke dapur tetangga," terang, Syaiful Anwar, Komadan Regu (Danru) 4 Damkar Kabupaten Malang.

Beruntung rumah tetangga, Tutik, yang ikut terbakar hanya bagian dapur, yang berukuran 3 x 5 meter. Namun, rumah milik Raminah rata dengan tanah.

BACA JUGA:Kebakaran di Kabupaten Malang Meningkat

"Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil diperkirakan Rp 25 juta," kata Syaiful.

Syaiful menambahkan, pihaknya menerima laporan terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.22 WIB. Begitu menerima laporan langsung ke lokasi dengan menerjunkan 3 unit mobil PMK. 

BACA JUGA:Setengah Hari, Tiga Kebakaran di Kabupaten Malang

Pada pukul 13.35 WIB tiba di lokasi langsung melakukan penanganan, hingga api dapat dikuasai dan melakukan pembasahan hingga selesai pukul 14.10 WIB.

BACA JUGA:Sehari 2 Kebakaran, Telan 1 Korban Jiwa

Danru 4 PMK Kabupaten Malang itu juga menyayangkan akibat kelalaian yang ditimbulkan akhir alami kerugian. Padahal pihaknya terus secara intens mengimbau dan mengingatkan warga, agar selalu waspada dan selalu kontrol pada rumahnya terutama pada bagian dapur. 

Sumber: