KPU Kota Batu Matangkan Persiapan Bimtek KPPS

KPU Kota Batu Matangkan Persiapan Bimtek KPPS

Komisioner KPU Kota Batu menyampaikan materi Training of Trainers (ToT).-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - KPU Kota Batu menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) kepada PPK dan PPS se-Kota Batu, di Hotel Samara, Kota Batu, Selasa, 23 Januari 2024. 

Ini untuk persiapan pelantikan 4.277 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), rencananya pada Kamis, 25 Januari 2024.

BACA JUGA:KPU Kota Batu Layani Pindah Pilih Hingga 1500 Orang

Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto mengatakan kegiatan ToT ini sebagai ajang persiapan dan internalisasi pemahaman kepada seluruh badan ad-hoc. Selanjutnya, peserta dapat menyampaikan kepada KPPS.

BACA JUGA:KPU Kota Batu Layani Pindah Pilih Pemilu 2024

Dikatakan, perlu strategi pendalaman materi melalui forum yang berkelanjutan. 

BACA JUGA:KPU Kota Batu Terima Kotak Suara

“Nanti (silakan, red) diformulasikan (strategi internalisasi, red) karena tidak mungkin dalam satu hari selesai. Kita akan lanjutkan dengan pendalaman-pendalaman, nggak usah banyak-banyak, dikelompokkan melalui PPS. Itu salah satu formulasinya,” kata Heru pada peserta ToT.

BACA JUGA:Dukung Pemilu dan Pilkada, Pemkot Batu bersama KPU dan Bawaslu Teken NPHD

Sementara, anggota KPU Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Marlina mengharapkan setiap anggota PPK dan PPS menjaga integritas masing-masing demi terhindar dari pelanggaran kode etik sebagai penyelenggara pemilu. 

BACA JUGA:Kapolres dan KPU Kota Batu Koordinasi Pemilu 2024

“Tentu, dalam hal persiapan ini, teman-teman khususnya PPS harus memahami tata kerja KPPS,” jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Batu Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi

Selanjutnya, kegiatan ToT ini dibagi dalam empat sesi materi, yaitu penyampaian modul pelatihan pengantar, harapan, dan komitmen belajar; tata kerja, kode etik, dan kode perilaku; tahapan pemungutan dan penghitungan suara; serta evaluasi dan rencana tindaklanjut. (*)

Sumber: