286 Pengawas TPS Sukomanunggal Dilantik, Diharap Amanah

286 Pengawas TPS Sukomanunggal Dilantik, Diharap Amanah

Sebanyak 286 PTPS di Kecamatan Sukomanunggal dilantik. -Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukomanunggal melantik 286 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin malam, 23 Januari 2024.

Acara tersebut dilaksanakan di Vasa Hotel, Jalan HR Muhammad, Surabaya. Acara ini turut dihadiri camat, danramil, dan kapolsek Sukomanunggal, juga jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukomanunggal.

Tak ketinggalan, Muhammad Agil Akbar, Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Surabaya turut serta menyaksikan pengambilan sumpah.

Dimas Sila Pamungkas selaku Ketua Panwascam Sukomanunggal menjelaskan bahwa ada sebanyak 286 orang dari 6 kelurahan se-kecamatan Sukomanunggal yang dilantik sebagai PTPS.

BACA JUGA:Polsek Simokerto Amankan Pelantikan dan Pembekalan Pengawas TPS Pemilu 2024

“Sengaja kami istimewakan dengan menggelar pelantikan di hotel bintang 5. Hal ini kami lakukan agar para PTPS bersemangat saat melakukan tugasnya di lapangan nanti,” ucap Dimas.

286 PTPS, menurut Dimas merupakan hasil penyeleksian tim Panwascam Sukomanunggal bersama jajaran Panwaskel.

“Di luar dugaan, tim Panwascam Sukomanunggal menerima hampir 500 orang pendaftar PTPS dari 6 kelurahan. Sudah dilakukan seleksi sesuai ketentuan dan akhirnya terpilih 286 PTPS sesuai dengan jumlah TPS Pemilu di seluruh Kecamatan Sukomanunggal,” sampainya.

Dimas berharap, para PTPS bekerja dengan mengedepankan netralitas dan kejujuran. “Jangan hanya mengawasi masalah pelanggaran, tapi juga fokus terhadap hal-hal pokok saat bertugas di TPS, salah satu yang penting adalah keabsahan kertas suara,” pesan Dimas.

BACA JUGA:Bentuk Pengawas TPS, Bawaslu Surabaya Minta Panwascam Rekrut Kader Terbaik

Kertas suara, menurut Dimas adalah dari pabrik atau langsung dari percetakan, maka hal itu yang harus menjadi fokus pengawasan saat PTPS menjalankan tugas dan fungsinya.

Sembari menunggu jadwal Bimtek, Dimas meminta para PTPS dapat mengasah pengetahuan dan banyak bertanya jika ada kesulitan.

“Yang terpenting, masing-masing PTPS ikut menjaga kondusifitas, supaya pemilu dapat berjalan aman, damai, dan jurdil,” tukas Dimas.

Sementara itu, Camat Sukomanunggal Dwi Anggara Widya Sukma berpesan kepada para PTPS agar senantiasa siap menjaga sekaligus memastikan demokrasi berlangsung dengan jujur, adil, langsung, umum dan tetap rahasia.

Sumber: