Pelindo Sub Reg 3 Jawa Sediakan Mobile Gangway Di Pelabuhan Tanjung Perak

Pelindo Sub Reg 3 Jawa Sediakan Mobile Gangway Di Pelabuhan Tanjung Perak

Para penumpang turun dari kapal melalui mobile gangway.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pelindo Sub Regional 3 Jawa menambah fasilitas tangga mobile gangway di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Selain untuk meningkatkan standar operasional prosedur (SOP) di setiap kegiatan yang dilakukan di pelabuhan, juga meminimalisir risiko kecelakaan di area Pelabuhan Tanjung Perak. 

BACA JUGA:Tingkatkan Layanan, Tahun 2024 Pelindo Regional 3 Siapkan 3 Rencana Strategis

Alat tersebut disiapkan untuk keselamatan operasional penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak guna memudahkan proses embarkasi dan debarkasi penumpang yang tidak dapat dilayani oleh garbarata, sehingga tetap aman. 

BACA JUGA:Nataru, Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Penumpang Kapal 24 Persen

Alat ini menggunakan teknologi hidraulis, sehingga lebih fleksibel dan dapat mengikuti ketinggian pintu kapal dengan jangkauan hingga enam meter bila digunakan. Kapasitas tangga mobile gangway juga sangat besar yakni, 60 orang dengan daya tampung jembatannya 800 kg. 

BACA JUGA:Penumpang Nataru Diprediksi Naik 23 Persen, Pelindo Regional 3 Siapkan 21 Terminal

Ali Sodikin, Sub Regional Head Jawa Pelindo Sub Regional 3 Jawa, mengatakan bahwa mobile gangway memiliki fungsi yang sama dengan garbarata, yaitu untuk kegiatan pelayanan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal laut. 

BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Kirim Bantuan Obat dan Pakaian untuk Palestina

Hanya saja, mobile gangway dapat digunakan hampir di semua kade dan difungsikan selain untuk pelayanan kapal penumpang, juga untuk pelayaran saat kapal docking bisa dibuatkan pintu gangway

BACA JUGA:Inovasi Bisnis Antarkan Pelindo Regional 3 Kotabaru Raih Peningkatan Pendapatan Siginifikan

Sedangkan garbarata terdapat batasan area, yaitu pada kade 102-117 untuk garbarata timur dan 218-231 untuk garbarata barat, biasa digunakan untuk pelayanan kapal Pelni dan kapal pesiar.

“Bedanya, jika menggunakan mobile gangway para penumpang harus turun ke dermaga dulu. Sedangkan garbarata, penumpang dapat langsung menuju kapal karena terhubung langsung dari Terminal Penumpang GSN,” tutur Ali dalam rilisnya Senin, 22 Januari 2024.

BACA JUGA:Rayakan 2 Tahun Merger, Pelindo Regional 3 Himpun 154 Kantong Darah

Sumber: