Cara Mendidik Anak Makan Sehat untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Cara Mendidik Anak Makan Sehat untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Cara mendidik anak untuk makan sehat menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. 

Pasalnya, dibutuhkan kesabaran dan penerapan yang tepat untuk bisa membentuk kebiasaan pola makan sehat pada anak. Namun, ada beberapa cara mudah untuk membiasakan anak makan sehat sehingga tumbuh kembangnya optimal.

BACA JUGA:Peran Pendidikan dalam Membangun Masyarakat yang Berbudaya Literasi

Cara Mendidik Anak Mengonsumsi Makanan Sehat

1. Jangan memarahi atau melarang anak secara langsung

Memarahi Si Kecil atau langsung melarangnya mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan tidak sehat, seperti gorengan, keripik, atau permen, hanya akan membuatnya lebih penasaran dan tergiur dengan makanan tersebut.

2. Jadikan diri sebagai panutan

Anak adalah peniru ulung. Jika ingin Si Kecil makan sehat, Anda harus memberikan contoh langsung. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur ketika sedang makan bersama keluarga. Dengan demikian, Si Kecil akan melihat bahwa orang tuanya pun menerapkan pola makan sehat.

BACA JUGA:Pusat Pendidikan dan Kebudayaan di Jawa: Menyemai Bakat dan Ilmu Pengetahuan

3. Sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak

Melihat anak lahap makan memang menyenangkan. Namun, pastikan asupan makanan yang dikonsumsi tidak melebihi kebutuhan kalori hariannya untuk mencegah kelebihan berat badan.

Umumnya, anak-anak dan remaja membutuhkan 1.600–2.400 kalori per hari, tergantung jenis kelamin, usia, dan jenis kegiatannya. Nah, membiasakan anak untuk mengonsumsi sayur dan buah dapat mencegahnya terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori.

BACA JUGA:Museum Pendidikan Surabaya, Jejak Perkembangan Pendidikan Indonesia

4. Terapkan aturan makan pada anak

Ada kalanya orang tua harus melakukan berbagai cara untuk membujuk anak makan, misalnya menyuapi anak sambil bermain, menonton tv, atau melakukan kegiatan lain. Akibatnya, anak menjadi tidak fokus dan berisiko makan berlebih.

5. Ajak anak menyiapkan makanan

Agar anak lebih tertarik dengan makanan sehat, ajak anak terlibat dalam menyiapkan makanan. Anda dapat merancang kegiatan menyenangkan, mulai dari menanam sayuran, berbelanja bahan makanan sehat, memasak, hingga menghidangkannya.

Sumber: