5 Finalis Duta Muslimah Preneur 2024 IPEMI Jatim

5 Finalis Duta Muslimah Preneur 2024 IPEMI Jatim

Lima finalis Duta Muslimah Preneur 2024 IPEMI Jatim -Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia wilayah Jawa Timur (IPEMI Jatim) mengelar pemilihan Duta Muslimah Preneur 2024 Jatim, pada Minggu 21 Januari 2024, bertempat di Royal Plaza Surabaya Acara yang bekerjasama dengan pameran Umrah Holiday Expo 2024 dihelat Media Memorandum ini dihadiri oleh para pengusaha muslimah. 

Dalam grand final pemilihan Duta Muslimah Preneur 2024 ini, ada lima kontestan yang ujuk kebolehan. Keenam peserta tersebut adalah Septyana Luckyta Sari asal Madiun, Cintya Dita Fernanda asal Surabaya, Rani Rahmatya Faihany asal Sidoarjo, Annisa Tasya Nuryanti asal Sidoarjo dan Ananda Fayqa Meisa Sukamto asal Surabaya. 

Ketua Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI)PW Jawa Timur, Miming Merina mengatakan, audisi pemilihan Duta Muslimah Jawa Timur 2024 dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama audisi digelar di sejumlah daerah masing masing dan terpilihlah lima kontestan yang malam ini tampil. Pada babak final, para peserta menampilkan bakat dan kemampuan mereka di hadapan para dewan juri. 

"Audisi Duta Muslimah Preneur sebelumnya telah diselenggarakan IPEMI kabupaten atau kota masing masing. Peserta mengikuti seleksi berdasarkan standar yang sudah ditentukan IPEMI pusat, " kata Miming. 

BACA JUGA:Pemilihan Duta Muslimah Jawa Timur di Umrah Holiday Expo 2024

Miming menyampaikan, kriteria peserta yang terpilih hingga babak grand final antara lain seorang muslimah, berbusana muslim dalam keseharian, memiliki akhlak yang baik, memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan juga anak milenial yang mempunyai usaha.

"Setelah melakukan seleksi akan muncul para finalis,  jadi peserta yang terpilih dari kabupaten Kota itu diseleksi lagi di tingkat PDPW Jawa Timur. Seleksinya diantara harus bisa mengaji, yang pasti remaja, punya bisnis, jiwa sosialnya tinggi, memiliki akhlakul karimah. Pada penilaian tahap kedua para finalis akan mengikuti penilaian dewan juri dengan berbagai kegiatan, seperti perkenalkan diri, adu bakat, hingga sesi tanya jawab, " jelasnya. 

Nantinya pemenang dalam ajang Duta Muslimah Preneur 2024 Jatim ini akan dikirim mewakili Jatim dalam ajang pemilihan Duta Muslimah Preneur tingkat Nasional di Jakarta, bahkan di kancah internasional. 

"Pemenangnya akan mewakili Jatim untuk dilombakkan lagi bersaing dengan perwakilan dari provinsi lainnya dan beberapa negara tetangga seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Siangapur, di negara asean lainnya, kemudian ada IPEMI Turki, IPEMI Saudi Arabia, dan Amerika, " ujarnya. 

BACA JUGA:Hari Terakhir Umrah Holiday Expo 2024 di Surabaya, Dimeriahkan Pemilihan Duta Muslimah Preneur

Duta Muslimah Preneur 2024 Jatim akan bertugas memperkenalkan IPEMI kepada masyarakat dan juga memberi contoh bagi milenial untuk berprestasi dalam bidang entrepreneur.

"Kami akan memberikan pelatihan kepribadian, tata cara menjadi entrepreneur untuk pemenang sebagai bekal di ajang selanjutnya," terang Miming. 

Perlu diketahui pada tahun 2019, Duta Muslimah IPEMI Jawa Timur berhasil meraih juara 1 tingkat nasional yng digelar IPEMI tingkat pusat. Pada tahun 2022, Jawa Timur menjadi 5 besar nasional. Pihaknua berharap, di tahun 2024 ini, Jawa Timur dapat kembali meraih juara di tingkat nasional.

"Alhamdulillah IPEMI Jatim selalu memberikan prestasi di Duta Muslimah Preneur ini. Harapan saya selalu Ketua IPEMI PDPW Jawa Timur, Duta Muslimah Preneur selalu berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi remaja remaja di seluruh Indonesia, " tuturnya. 

Sumber: