Kakanwil Kemenag Jatim Apresiasi Memorandum Gelar Pameran Umrah Holiday Expo 2024

Kakanwil Kemenag Jatim Apresiasi Memorandum Gelar Pameran Umrah Holiday Expo 2024

Pameran travel umrah dan haji yang digelar Memorandum di Atrium Royal Plaza 2023.-Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum kembali menggelar pameran Travel Umrah dan Haji. Kegiatan yang bertajuk Umrah Holiday Expo itu akan dihelat di Atrium Royal Plaza, mulai 17- 21 Januari 2024.

pameran yang diikuti 9 peserta travel umrah dan haji ini bakal dibuka secara langsung oleh Dr. H. Husnul Marom, M.H.I selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

pameran haji dan umrah yang digelar media hukum dan kriminal terbesar di Jatim ini bukan kali pertama. Tahun tahun sebelumnya, media yang pernah menyabet status mitra terbaik Polri ini telah sukses menggelar pameran travel umrah dan haji yang sangat ditunggu tunggu kehadirannya oleh masyarakat.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Marom mengapresiasi kegiatan pameran umrah dan haji yang diselenggarakan Memorandum setiap tahun.

BACA JUGA:Bakkah Travel Haji dan Umrah Berpengalaman 20 Tahun, Kembali Berpartisipasi di Memorandum Umrah Holiday Expo

"Dengan harapan kegiatan ini diikuti oleh travel umrah dan haji yang memiliki ijin dari Menteri Agama sehingga membantu pemerintah mengedukasi dan memfasilitasi Jemaah umrah dan haji bagaimana memilih travel umrah dan haji yang aman dan nyaman serta terlindungi, " kata Husnul Marom kepada Memorandum, Selasa 16 Januari 2024.

Melalui kegiatan Memorandum Umrah Holiday Expo 2024 diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang travel umrah dan haji yang memiliki legalitas jelas sekaligus sudah terpercaya dalam memberikan layanan terhadap jemaah dan tentunya memiliki izin resmi dari kementrian agama.

"Kami sangat mendukung kegiatan pameran Umrah dan Haji yang diselenggarakan Memorandum, dan berharap dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, sehingga dapat meminimalisir peristiwa yang merugikan jemaah umrah dan haji, " ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya juga berpesan kepada calon jemaah umroh dan haji di tahun 2024 ini untuk memilih travel umrah dan haji yang memiliki izin resmi dari Mentri Agama. Dalam hal ini masyarakat bisa datang secara langsung di pameran travel umrah dan haji yang digelar Memorandum di Royal Plaza.

BACA JUGA:Memorandum Umrah Holiday Expo 2024 Hadir Lagi di Royal Plaza, Bertabur Diskon selama Pameran

"Kepada masyarakat muslim Jawa Timur yang ingin menunaikan ibadah umrah dan haji, kami berpesan agar memilih travel umrah dan haji yang memiliki ijin dari Menteri Agama supaya Jemaah mendapatkan pelayanan, pembinaan dan perlindungan selama melaksanakan rangkaian ibadahnya, " papar Husnul Marom.

Husnul Marom juga memberikan beberapa tips supaya masyarakat muslim yang hendak menunaikan ibadah di tanah suci agar tidak salah memilih travel umrah atau haji. Karena banyak masyarakat yang dirugikan oleh penyelengara atau travel umrah yang berorientasi murah, tetapi pada kenyataanya gagal berangkat ke tanah suci bahkan terlantar. Diantara yang perlu dipastikan oleh masyarakat yakni Ingat 5 PASTI yaitu PASTI IJINNYA (Cek di aplikasi PUSAKA Kemenag RI); PASTI JADWALNYA (Tiket harus PP dengan Direct Flight); PASTI HARGA PAKETNYA (Harga minimal paket umrah sebesar 23 juta, dengan standart layanan berupa paket 9 hari, tiket PP, Bimbingan manasik, akomodasi, konsumsi, transportasi dan asuransi); PASTI HOTELNYA (Hotel di Makkah dan Madinah); PASTI VISANYA (Visa umrah, visa Haji (bukan visa ziarah).

"Kami menghimbau masyarakat bisa memilih travel umrah dan haji yang aman dan berijin resmi dari Menteri Agama. Semoga kegiatan pameran haji dan umrah ini, berjalan dengan baikdan lancar, sesuai dengan harapan bersama, " pungkasnya.

Sekadar diketahui jumlah travel yang memiliki ijin PPIU dari Menteri Agama saat ini yang berkantor pusat di JAWA TIMUR terdapat 250 PPIU (50PPIU sebagai PIHK) dan Kantor Cabang sebanyak 280. Senentara jemaah umrah yang berangkat pada tahun 2023 secara Nasional mencapai 1.368.616 orang, dan Jemaah Umrah Provinsi Jawa Timur sebanyak 221.387 orang (16%).(alf)

Sumber: