Inilah 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Inilah 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

ilustrasi kolesterol--

SURABAYA, MEMORANDUM - Gejala kolesterol tinggi sering kali tidak disadari oleh penderitanya sampai akhirnya menimbulkan komplikasi serius, seperti serangan jantung dan stroke.  Meskipun kolesterol tinggi tidak memiliki gejala khas, ada beberapa tanda-tanda yang penting untuk diketahui.

BACA JUGA:Sayuran Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi, Apakah Ada? Cek Faktanya Berikut Ini

Berikut adalah beberapa gejala kolesterol tinggi:

1. Dada terasa nyeri

Dada yang terasa nyeri bisa menjadi tanda dari komplikasi kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi akibat adanya plak di dinding arteri, sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang memadai.

2. Disfungsi ereksi

Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi tidak hanya membuat dada terasa nyeri, tetapi juga menyebabkan disfungsi ereksi. Kondisi ini terjadi akibat aliran darah yang menuju ke penis terhambat oleh plak tersebut.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Durian Bikin Kolesterol Tinggi ? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Simak Penyebab Kolesterol yang Sering Disepelekan

3. Xanthoma

Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan penumpukan lemak sehingga membentuk benjolan-benjolan kecil (papula). Kondisi ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

4. Xanthelasma

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga berisiko menyebabkan munculnya xanthelasma. Xanthelasma adalah plak kekuningan yang muncul di sekitar kelopak mata.

Sumber: