KAI Selidiki dan Evaluasi Penyebab Kecelakaan KA Pandalungan

KAI Selidiki dan Evaluasi Penyebab Kecelakaan KA Pandalungan

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif-Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - KAI Daop 8 Surabaya masih melakukan penyelidikan dan evaluasi penyebab anjloknya kereta Pandalungan di jalur rel Tanggulangin.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan terkait penyebab terjadinya anjlokan KA Pandalungan, KAI akan menyelidiki dan melakukan evaluasi penyebabnya. Hal itu sebagai wujud komitmen bagi KAI dalam memberikan layanan jasa transportasi yang aman dan nyaman.

"Dengan selesainya normalisasi jalur KA, maka seluruh KA yang melintas baik jarak jauh maupun lokal yang melintasi Stasiun Tanggulangin sudah normal dengan kecepatan terbatas,” kata Luqman Arif.

Sementara proses evakuasi sarana lokomotif dan kereta KA Pandalungan yang mengalami anjlokan telah selesai dilakukan pada pukul 00.22 wib. Para petugas KAI Daop 8 Surabaya juga telah memastikan bahwa jalur tersebut dapat dilintasi KA.

BACA JUGA:KA Pandalungan Anjlok di Tanggulangin, Penumpang Tegang dan Baca Takbir Berkali-kali

Luqman Arif mengatakan KA pertama yang melintasi jalur tersebut yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada jam 03.11 wib, dan jalur tersebut masih dalam pengawasan dan perbaikan petugas KAI Daop 8 Surabaya.

Selain itu layanan perjalanan Commuter Line di wilayah Surabaya berangsur kembali normal. Layanan perjalanan Commuter Line Penataran, Commuter Line Supas dan Commuter Line Tumapel sudah kembali melayani seluruh stasiun pemberhentian yang sebelumnya terkendala di Stasiun Tanggulangin.

"KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders yang terlibat dalam proses evakuasi KA Pandalungan dan normalisasi jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin," kata Luqman Arif.

Luqman Arif memastikan bahwa proses evakuasi yang berjalan lancar. Petugas terkait juga masih terus melakukan upaya-upaya normalisasi jalur dan persinyalan serta operasional perjalanan seluruh KA. Adapun seluruh pelanggan maupun crew KA Pandalungan selamat dan tidak ada yang terluka.

BACA JUGA:Imbas KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin, 2 Perjalanan KA Terkena Imbas, 1 Dibatalkan
 
"Petugas terkait telah memastikan bahwa jalur tersebut dapat dilintasi KA, " pungkasnya.(alf)

Sumber: