Inilah 5 Tips agar Tubuh Tetap Fit setelah Bergadang

Inilah 5 Tips agar Tubuh Tetap Fit setelah Bergadang

Ilustrasi ngantuk--

SURABAYA, MEMORANDUM -

Waktu tidur pada malam hari disarankan selama 8 jam agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kebutuhan tidur ini umumnya berbeda-beda pada masing-masing individu, tergantung usia, aktivitas, dan kondisi medis yang dimiliki.

Ketika bergadang, jam tidur akan berkurang drastis dan rasa kantuk pun akan menyerang pada pagi harinya. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh, khususnya otak, sehingga Anda sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan.

BACA JUGA:Jarang Disadari, Inilah 5 Minuman Tinggi Kalori

BACA JUGA:Inilah 10 Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut Tips agar Tubuh Tetap Fit setelah Bergadang

1. Konsumsi minuman berkafein

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul akibat bergadang, Anda bisa mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. 

2. Luangkan waktu untuk tidur siang

Luangkan waktu untuk tidur siang pada jam istirahat selama 15–20 menit. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama tidur siang karena justru membuat Anda pusing setelahnya.

BACA JUGA:Agar Lebih Nyeyak, Ini Posisi Tidur saat Hidung Tersumbat yang Direkomendasikan

BACA JUGA:Sambut Hari Kesehatan Mental Dunia, Tingkatkan Kualitas Tidurmu Lewat Pancaindra

3. Lakukan olahraga ringan

Saat berada di kantor, Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 30 menit, seperti jalan cepat, naik-turun tangga, lari di tempat, atau sedikit peregangan yang bisa membuat tubuh bergerak.

4. Mandi air dingin

Udara hangat akan membuat tubuh lebih relaks sehingga tubuh lebih mudah mengantuk. Oleh karena itu, mandi atau mencuci muka dengan air dingin dapat membantu Anda mengatasi rasa kantuk yang muncul setelah bergadang. 

5. Manfaatkan perangkat elektronik

Perangkat elektronik, termasuk laptop, tablet, ponsel, atau TV, memancarkan cahaya biru (blue light) yang dapat menunda pelepasan melatonin atau hormon penyebab kantuk.

Sumber: