Berikut Ini 5 Cara Alami Mengempeskan Mata Bengkak yang Ampuh

Berikut Ini 5 Cara Alami Mengempeskan Mata Bengkak yang Ampuh

Ilustrasi--

 

SURABAYA, MEMORANDUM - Mata bengkak dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang tidur, menangis, reaksi alergi, hingga gejala dari suatu penyakit, seperti konjungtivitis, blefaritis, bintitan, selulitis, herpes zoster, dan penyakit Graves. 

Umumnya mata bengkak dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hari.

Namun, untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan mempercepat penyembuhannya, terdapat beberapa cara mengempeskan mata bengkak yang dapat Anda lakukan. 

BACA JUGA:Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Mengatasi Mata Merah, Ini Penyebab dan Cara Efektif untuk Menyembuhkannya

Berikut Beragam Cara Mengempeskan Mata Bengkak

1. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dilakukan dengan cara membasahi kain bersih dengan air hangat. Selanjutnya, kompreskan kain di mata yang bengkak selama 15 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Gunakan kompres dingin

Untuk mendapatkan manfaat dari kompres dingin, cukup rendam kain bersih dalam air dingin dan kompreskan pada mata yang bengkak selama beberapa menit. 

Anda juga bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain sebagai kompres. Namun, hindari menempelkan es batu secara langsung ke area mata karena dapat menyebabkan kulit teriritasi.

BACA JUGA:Bahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Merugikan Kesehatan Mata

3. Tempelkan irisan mentimun

Sebelum digunakan, dinginkan mentimun dengan menyimpannya di dalam kulkas selama beberapa saat. Setelah itu, cuci mentimun sampai bersih dan potong menjadi irisan tipis. 

Berbaringlah dengan santai, lalu letakkan irisan mentimun di kedua kelopak mata Anda sampai sensasi dinginnya menghilang.

4. Tempelkan kantong teh

Untuk menggunakan cara mengempeskan mata bengkak ini, Anda perlu menyeduh dua kantong teh selama beberapa saat, lalu peras sampai tidak ada cairan. 

Masukkan kantong teh ke dalam lemari es selama 10–20 menit. Setelah itu, kompreskan kantong teh yang telah didinginkan ke kelopak mata selama 15–30 menit.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Terhindar dari Computer Vision Syndrome

BACA JUGA:Wow Ini Lho Bahaya Suhu Panas Matahari 38 Celcius Bagi Kesehatan Kulit

5. Gunakan obat tetes mata

Cara terakhir yakni dengan menggunakan obat mata sebanyak satu tetes pada masing-masing mata  setiap 8–12 jam sekali atau gunakan sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Sumber: