Kapolres Bojonegoro AKBP Mario Prahatinto:Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan, Jangan Mudah Termakan Hoaks

Kapolres Bojonegoro AKBP Mario Prahatinto:Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan, Jangan Mudah Termakan Hoaks

Kapolres Bojonegoro AKBP Mario Prahatinto SH SIK MSI dan host podcast Memorandum TV Eko Yudiono dan Ali Muchtar.--

SURABAYA, MEMORANDUM- Kapolres Bojonegoro AKBP Mario Prahatinto SH SIK MSI berkunjung ke studio podcast Memorandum TV di Jalan Ketintang Baru III/91, Rabu, 10 Januari 2024. Orang nomor satu di Polres Bojonegoro ini bicara banyak hal.

Mulai dari pencegahan bahaya mirasantika, kasus menonjol, pengungkapan kasus hingga cara dan tips pendekatan kepada masyarakat. Tidak lupa, AKBP Mario juga berpesan agar warga Bojonegoro tidak gampang terprovokasi jelang Pemilu 2024.

Simak obrolan AKBP Mario dengan host podcast Eko Yudiono di channel YouTube Memorandum TV yang akan tayang, Jumat, 12 Januari 2024 mulai pukul 16.00.

BACA JUGA:Hamin Gimbal Jadi Bintang Tamu Podcast Memorandum TV: Mencintai Persebaya dengan Hati

AKBP Mario menjelaskan, Satnarkoba Polres Bojonegoro melakukan sosialiasi bahaya minuman keras dan narkotika (Mirasantika) di sekolah-sekolah dan kampus. “Alhamdulillah kasus yang melibatkan miras mengalami penurunan. Pada 2023 sebanyak 452 perkara sedangkan pada 2022 jadi 432 perkara. Kita lakukan penindakan tipiring,” ungkap Mario Prahatinto.

BACA JUGA:Sambut HUT Ke-54 SKH Memorandum, Profesor Dr Apt Mangestuti Agil MS Jadi Bintang Tamu di Podcast MemorandumTV

Di bagian lain, pihaknya juga baru mengungkap kasus atensi yang menjadi perhatian masyarakat yaitu sekelompok orang yang mengaku wartawan dan melakukan pemerasan terhadap pengusaha minyak.

“Sebelum penangkapan para oknum wartawan, kami berkoordinasi dengan PWI dan Aji Bojonegoro. Setelah kami release kasusnya, kami mendapatkan apresiasi dari Dewan Pers terkait apa yang kami lakukan,” jelas perwira dengan dua melati di pundak ini.

Sementara itu, program-program yang dilakukan Polres Bojonegoro untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat adalah Jumat Curhat, Cangkrukan Kamtibmas, Sapa Tokoh Masyarakat juga Sapa Pagi, Siang dan Sore. “Tidak lupa kami juga melakukan patrol rutin untuk memberi rasa aman. Jika ada mobil polisi yang keliling secara psikologis warga ini merasa aman dan nyaman,” urainya.

Meski baru bertugas di Polres Bojonegoro namun prestasi yang ditorehkan AKBP Mario Prahatinto patut diacungi jempol. ”Jadi Alhamdulillah, selama 2023 juara polisi presisi, juara satkamling tingkat provinsi, juara desa , Bhabinkamtibmas award tingkat nasional, juara Giat Saber Pungli, Duta Lalu Lintas tingkat Provinsi, peringkat 2 video kreatif, peringkat 3. Anev Polres, juara dengan menekan tingkat kecelakaan tertinggi,” bebernya.

Untuk menekan kecelakaan Marip menyebut, selain sosialisasi, pihaknya juga rutin patrol setiap waktu dan jam-jam rawan.  “Karena penerangan jalan di daerah kami masih kurang. Untuk itu di jam-jam rawan Satlantas kami giatkan untuk patroli. “Kasatlantas kami instruksikan berkoordinasi dengan Dishub agar bisa membenahi penerangan jalan,” urainya.

Jelang Pemilu 2024, Mario juga berharap agar warga Bojonegoro tidak mudah terpancing dengan berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Kami Polres Bojonegoro tidak bisa bekerja sendiri. Kami menghimbau agar warga Bojonegoro bisa ikut menjaga keamanan dan jangan sampai terpancing dengan berita hoaks. Jaga persatuan dan kesatuan. Karena Indonesia terdiri dari berbagai suku dan bangsa,” tutupnya. (ono)

Sumber: