Pelayanan Adminduk di Surabaya Cukup di Balai RW

Pelayanan Adminduk di Surabaya Cukup di Balai RW

Pelayanan adminduk di Balai RW 06 Tambak Asri, Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan. -Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Kabar baik bagi masyarakat, Pemkot Surabaya membuka pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) cukup dilakukan di balai RW. 

Terobosan ini digadang-gadang memudahkan masyarakat, karena warga tidak perlu jauh jauh ke kantor kelurahan.

M Zainul Abidin, Wakil Ketua RW 06 Tambak Asri, Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, mengaku bahwa akan terus meningkatkan pelayanan masyarakat.

BACA JUGA:Tingkatkan Kapasitas Pelatihan dan Tempatkan Petugas Kelurahan di Balai RW Layani Pengurusan Adminduk

Dengan demikian penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pembangunan khususnya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat dapat berjalan dengan maksimal dan baik.

"Kami sangat setuju dan warga sangat antusias serta meresponsnya sangat luar biasa. Program dan terobosan Pak Wali Kota Eri Cahyadi ini perlu mendapat apresiasi, sebab program tersebut sangat membantu dan mempermudah segala hal pelayanan apa yang dibutuhkan oleh warga khusunya warga RW 06, Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, dan umumnya warga Kota Surabaya, " kata Zainul Abidin.

Menurutnya, pelayanan adminduk yang telah berjalan sejak 2023 benar-benar sangat membantu warga. Hal ini juga disisi lain, meringankan beban biaya apabila warga dilayani segala urusannya di Balai RW.

"Jika pelayanan di kantor kelurahan atau kecamatan apalagi di kantor Dispendukcapil Kota Surabaya bagi warga yang tidak mempunyai transportasi, motor maupun mobil tentunya warga harus mencari jasa baik naik becak, ojek online yang tentunya dengan mengeluarkan uang, lha dengan adanya program pak Wali Kota Surabaya bisa meringankan biaya dan mengurangi waktu dan tenanga, " paparnya.

BACA JUGA:1.187 Balai RW Direnovasi, Urus Adminduk Cukup di Balai RW Saja

Sementara untuk llingkup tugas layanan adminduk di Balai RW mencakup 6 substansi. Yakni pertama memberikan layanan informasi atas berbagai jenis dokumen adminduk dan persyaratan pengurusannya.

Kedua melakukan entry permohonan adminduk melalui aplikasi Klampid New Generation (KNG), ketiga meregister permohonan adminduk yang proses entri permohonannya akan dilakukan di kantor kelurahan melalui aplikasi KNG,

Kemudian melakukan cek lokasi rumah alamat tujuan atas permohonan pindah masuk, lalu memastikan para RT yang membantu lurah untuk melaporkan penduduk yang keberadaan faktualnya tidak sama dengan sistem dukcapil, keenam melakukan layanan jemput bola ke warga yang masih belum tuntas kepemilikan dokumen adminduknya.

BACA JUGA:Pelayanan Adminduk Selesai 24 Jam, Kecuali KTP Konvensional

Zainul Abidin berpesan pihaknya selaku pengurus  RW 06, Tambak Asri. Kelurahan Morokrembangan, berharap semoga warga Surabaya khusunya warga RW 06, Tambak Asri dapat memanfaatkan dan menggunankan layanan ini dengan sebaik baiknya.

"Di sisi lain kami menghaturkan terima kasih kepada Lurah Morokrembangan dan Camat Krembangan atas bantuan dan sinergisitasnya terhadap pengurus lainnya yakni RW dan RT sehingga dapat tercapai apa yang menjadi harapan Wali Kota Surabaya untuk memajukan dan menjadi lebih baik lagi Kota Surabaya, baik dari pelayanan masyarakat tentang adminduk  ataupun Kebutuhan kebutuhan masyarakan pada umumnya termasuk perbikan infrastruktur atau tata kota di Surabaya," pungkasnya. (*)

Sumber: